Dishub Sukabumi Siapkan Ratusan Armada Bus untuk Angkutan Mudik

by -

METROPOLITAN.ID | SUKABUMI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menyiapkan sebanyak 750 armada bus untuk angkutan arus mudik lebaran. Jumlah tersebut belum termasuk armada bus cadangan sekitar sepuluh persen.

“Meskipun bukan jalur utama mudik, namun tetap harus disiapkan armada bus yang memadai,” ujar Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman kepada wartawan Selasa (21/6).

Jumlah armada bus di Kota Sukabumi yang disiapkan mencapai sebanyak 750 unit. Di mana, lanjut Abdul, jumlah tempat duduk yang disiapkan setiap harinya sebanyak 4.266 seat.

Pada kondisi normal jumlah warga yang menggunakan bus dari Terminal Sukabumi sekitar 500 orang saja. Untuk mempersiapkan kenyamanan arus mudik terang Abdul, Dishub telah melakukan pemeriksaaan kelayakan kendaraan angkutan umum lebaran khususnya bus.

“Hingga saat ini sudah 70 persen armada yang sudah dilakukan pengecekan kendaraan,” ujar dia.

Sehingga baru sebanyak 525 nit bus yang sudah menjalani pemeriksaan.Abdul menerangkan, dari hasil pemeriksaan menunjukkan semua kendaraan tersebut masih layak beroperasi. Pengecekan yang dilakukan baik fisik kendaraan maupun administrasi berupa surat kelengkapan kendaraan.

“Pemeriksaan ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang saat mudik,” ujar Abdul.

Di samping itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat armada bus yang tidak layak beroperasi.Diterangkan Abdul, pemeriksaan kelayakan operasional bus ini akan dilakukan secara rutin. Jika nantinya ditemukan kendaraan yang tidak layak, maka Dishub tidak akan memberangkatkan kendaraan tersebut.

(republika.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *