Fb (Facebook) Dikecam Netter Pasang Bendera Filipina Terbalik Saat Ucapkan Hari Kemerdekaan

by -

METROPOLITAN.ID – Facebook yang biasa disebut FB merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna dari saluruh dunia. Filipina menjadi salah satu negara yang termasuk banyak warganya menggunakan Facebook.

Dalam rangka Hari Kemerdekaan Filipina, FB berniat baik untuk mengucapkan selamat lewat sosial medianya. Namun niat tersebut justru mendapat kecaman dari netizzen, karena Facebook telah memasang bendera kebanggaan Filipina terbalik.

Bendera Filipina yang seharusnya posisi warna merah ada di bawah namun justru ditaruh atas. Karena menampilka benderan terbalik sama saja FB masih menganggap Filipina sedang perang dan belum merdeka.

Hukum Kode Bendera Filipina membahas mengenai pemasangan bendera, jika bidang biru erada diatas maka menunjukkan kedamaian, namun jika biru dibawan dan merah diatas maka menunjukkan kondisi saat perang. Pantas saja jika netizen di Filipina marah, mungkin kalau ini terjadi di Indonesia masyarakat Indonesia juga akan marah.

Niatan baik FB dalam memberikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan Filipina tersebut disampaikan lewat gambar pada 12 Juni 2016 ke akun Facebook warga Filipina. Namun karena posisi bendera salah, netizen banyak yang protes kepada sosial media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut. Facebook akhirnya meminta maaf kepada seluruh warga Filipina atas kesalahan tersebut, FB menjelaskan bahwa hal itu merupakan ketidaksengajaan.

©Facebook

Sebagai informasi pada 12 Juni 1898, Filipina berhasil mengalahkan Spanyol yang menjajah kala itu dengan bantuan dari Amerika Serikat. Spanyol menjajah Filipina selama 300 tahun sehingga saat berhasil mengalahkan penjajah tanggal 12 Juni ditetapkan sebagai Hari Kemerdekaan Filipina.

Setelah berhasil mengalahkan Sapanyol, Filipina masih dalam kondisi terpuruk karena pengarus Amerika Serikat. Kemusian AS memberikan kemerdekaan kepada rakyat Filipina secara de facto pada 4 Juli 1946, sehingga setiap tanggal 4 Juni diperingati sebagai hari persahabatan antara Filipina dan Amerika Serikat.

(newsth.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *