Jelang Lebaran, Pembuat Sandal Banjir Pesanan

by -

METROPOLITAN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat me­nyerbu pasar dan mal untuk mem­beli pakaian, sandal ataupun sepatu baru. Kondisi ini rupanya sangat menguntungkan bagi perajin sandal maupun sepatu.

Seperti yang dialami Dion (39), warga RT 03/05, Kelurahan Bu­bulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Dengan mempekerjakan 15 karyawan, ia bisa menyelesaikan 320 pasang setiap ha­rinya. Terlebih jelang Lebaran, pesanan yang datang terus meningkat hingga mencapai 450 pasang.

Dion mengaku telah memulai usaha itu sejak lima tahun lalu. Hingga kini penyebaran sandal buatannya mampu menembus hingga Aceh. Meski terbilang sukses, ia tetap berusaha mengembangkan usaha produksi sandalnya. “Paling kami kirim ke Pasar Anyar, kadang kami kirim ke luar kota,” ujarnya kepada Metropolitan.

Baca Juga  Indosat-Tri Antisipasi Lonjakan Trafik

Setiap kodinya, ia membanderol mulai Rp450.000 hingga Rp480.000. Harga itu disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan, yakni bahan kulit, pikolo dan webing. “Seminggu bisa dua kali kirim,” katanya.

Ia menuturkan, sejauh ini permin­taan pasar terus berdatangan. Jenis sandal yang diproduksi juga disesu­aikan permintaan pelanggan. Me­skipun ke depan permintaan tidak meningkat, setidaknya pesanan yang datang dari grosir terus berjalan, sehingga tetap bisa mempertahankan pekerjanya. “Paling tidak, pelanggan kami saat ini masih setia dengan kami,” pungkasnya.

(ano/b/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.