Langkahnya Jadi Kapolri Didukung Mulus Megawati, Budi Gunawan Calon Kapolri Terkaya ?

by -

METROPOLITAN.ID – Wakil Kapolri Komisaris Jendral Budi Gunawan memiliki peluang besar untuk menduduki posisi sebagai Jendral Polisi menggantikan Jendral Polisi Badrodin Haiti yang akan segera pensiun pada Juli 2016. Langkah Budi Gunawan untuk menjadi Kapolri didukung oleh Ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan diprediksi akan berjalan mulus.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Direktur Eksekutif Vaxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago yang menyatakan bahwa penolakan publik terhadap Budi Gunawan tidak terlalu banyak. Dah hampir dipastikan akan berjalan mulus karena Budu Gunawan juga sangat dekat dengan Ketum PDI-P tersebut.

Pangi Syarwi juga menilai bahwa tidak terlihat sinyal perbedaan pendapat dan keinginan diantara Presiden Joko Widodo dan Megawati. Dan ia juga berpendapat bahwa dukungan presiden tidak akan berbeda jauh dari keinginan Megawati.

Ia juga menambahkan bahwa semua tergantung pada presiden karena DPR sudadah memberikan kebebasan kepada Presiden untuk memilih calon Kapolri. Dan mungkin saja Presiden mengajukan calon tunggal kepada DPR.

 

Dalam pencalonan Budi Gunawan ini tidak terlalu mendapatkan penolakan karena penetapan tersangka oleh KPK. Namun Budi Gunawan juga telah di vonis tidak bersalah dalam sidang praperadilan yang dia jalani dalam kasus korupsi tersebut.

PDI-P juga telah memberikan pernyataan tentang dukungannya terhadap Budi Gunawan. Dukungan yang diberikan kepada Budi Gunawan juga ditegaskan oleh Ketua Bidang Hukum DPP PDI-P Trimedya Panjaitan yang menyatakan bahwa dukungannya sama seperti saat Budi Gunawan dicalonkan oleh Presiden.

Trimedya juga mengatakan bahwa wacana perpanjangan masa jabatan Kapolri yang akhir-akhir ini diperbincangkan belum terlihat mengkhawatirkan dan hal tersebut dapat dilakukan jika mengacu pada Pasal 30 Ayat 2 UU No 2 Tahun 2002 yang mengatur tentang perpanjangan masa jabatan.

Dalam pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri ini, ia juga disebut-sebut sebagai bakal calon Kapolri yang paling kaya. Jumlah harta kekayaan Budi Gunawan mencapai 22,6 Miliar data tersebut didapat dari Direktorat LHKPN KPK. Dari kekayaan yang dimilikinya itu Budi Gunawan menjadi calon Kapolri terkaya dalam 3 periode Kapolri terakhir.

(Newsth.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published.