Pengiriman uang TKI Naik Signifikan

by -

METROPOLITAN.ID | SUKABUMI – Pengiriman uang atau remitansi dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota dan Kabupaten Sukabumi, mengalami peningkatan. Dari data yang diperoleh dari kantor Pos Sukabumi, remitansi Mei 2016 lalu telah mencapai hampir Rp 58 miliar. Padahal sebulan sebelumnya, pengiriman uang hanya sekitar Rp. 50,8 miliar.

“Kami memperkirakan akan terus meningkat tajam,” kata Kepala Kantor Pos Sukabumi, Soviyan, Selasa, 21 Juni 2016.

Dia mengatakan hasil penghitungan kiriman uang TKI kepada keluarganya selama periode Januari-Mei 2016, Kantor Pos mencatat nilai sebesar hampir Rp. 278 miliar. Jika dirata-ratakan, setiap bulan besaran kiriman uang TKI bisa mencapai Rp. 50 miliar lebih. “Perbandingan setahun sebelumnya, pada periode yang sama. kiriman tahun ini selama Januari-Mei meningkat sebesar hampir 6%,” katanya.

Manajer Pelayanan Kantor Pos Sukabumi, Sudirman mengatakan Idul Fitri merupakan satu di antara waktu puncak pengiriman uang TKI kepada keluarganya. Di tahun ini terdapat dua momen yang menyebabkan terjadi peningkatan pengiriman. Yakni perayaan Idul Fitri dengan tahun ajaran baru.

Sudirman mengatakan mayoritas pengiriman ribuan TKI asal Kabupaten Sukabumi melalui jasa layanan Kantor Pos yang tersebar diseluruh Kabupaten Sukabumi. Diantaranya, meliputi kantor pos di Kecamatan Jampangkulon, Jampangtengah, Ciracap, Surade, Lengkong, Sagaranten, Gegerbitung, Sukaraja, dan Kecamatan Cisaat. “Dari seluruh pendataan inventarisir diperkirakan lebih dari 60% kiriman uang TKI yang berasal dari daerah Pejampangan,” katanya.

(pikiran-rakyat.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *