Pesawat Air France Meledak, Seluruh Penumpang Tewas

by -

METROPOLITAN.ID –   Sebuah pesawat Air France Boeing 707 mengalami kecelakaan di Pulau Guadeloupe pada 22 Juni 1962. Sebanyak 113 orang tewas dalam peristiwa ini.

Kecelakaan tersebut merupakan satu dari setidaknya lima kecelakaan besar yang terjadi sepanjang tahun tersebut. Secara keseluruhan kecelakaan pesawat yang terjadi di Guadeloupe telah menewaskan sekitar 457 orang.

Guadeloupe merupakan sebuah pulau kecil yang ada di karibia. Bandara di pulau itu disebut dikelilingi oleh pegunungan. Pada umumnya, para pilot tidak menyukai kontur alam di wilayah tersebut karena sangat curam saat mendarat.

Pada kecelakaan yang terjadi kelima kalinya ini, pesawat Air France gagal untuk mendarat dengan tepat. Pesawat seperti tergelincir dan jatuh, kemudian meledak.

Pesawat lainnya yang mengalami kejadian tragis tersebut juga berjenis Boeing 707. Pada saat itu, teknologi adanya kotak hitam yang memungkinkan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan belum ada dalam penerbangan.

The Fast and Furious, film aksi yang mengisahkan tentang balap jalanan liar serta perampokan untuk pertama kalinya dirilis di bioskop pada 22 Juni 2001. Film ini diputar serentak di seluruh Amerika Serikat (AS) saat itu.

Film yang disutradarai oleh Rob Cohen ini mengisahkan tentang seorang polisi bernama Brian O’ Connor (Paul Walker) yang menyamar sebagai peserta balap liar di Los Angeles. Ia mencoba mencari tersangka perampokan sebuah truk besar. Tujuan pelaku adalah agar bagian dari truk dapat digunakan untuk memodifikasi mobil.

Sebagai pembuka film, O’Connor diperlihatkan tengah mengendarai mobil Mitsubishi Eclipse berwarna hijau terang. Ia menyetir dengan kencang menuju sebuah tempat parkir dekat dengan Stadium Dodger.

Kemudian, ia bertemu dengan Dominic Toretto (Vin Diesel),  ketua dari kelompok yang diduga sebagai tersangka perampokan. Diperlihatkan kemampuan balap Toretto begitu mengagumkan dan sangat mendominasi pertandingan ilegal tersebut.

Film yang hingga saat ini dilanjutkan dengan seri ke-7 itu pada awalnya diadaptasi dari sebuah artikel tentang balapan jalanan berjudul Racer X. Artikel ini ditulis oleh Kenneth Li dan diterbitkan di majalah Vibe pada 1998.

Balap jalanan merupakan suatu olahraga populer yang dilakukan di awal 1990-an di banyak jalan raya di California Selatan. Meski ilegal, banyak yang sangat berminat untuk menjadi peserta, bahkan rata-rata tidak hanya berasal dari AS, namun juga orang Asia yang tinggal di negara itu.

Fast and Furious mencetak kesuksesan dengan banyaknya jumlah penonton di seluruh dunia. Begitupun dengan sekuel selanjutnya yang terus menampilkan bintang utama yaitu Walker, Diesel, dan Michele Rodriguez.

Setelah 16 tahun menjadi buron, James Bulger ditangkap pada 22 Juni 2011. Ia merupakan seorang bos mafia terkenal di Boston, Amerika Serikat (AS) dan dinyatakan sebagai pelaku dari 19 kasus pembunuhan.

Pria yang dikenal dengan sebutan Whitey itu ditangkap di Santa Monica, California. Ia selama ini masuk dalam daftar utama buronan paling dicari oleh FBI.

Pria berusia 81 itu sebelumnya sempat berada dalam penjara pada 1950 hinga awal 1960 karena terlibat dalam kasus perampokan bank. Setelah itu, ia kembali ke Boston dan membangun kelompok kejahatan terorganisir bersama Stephen Flemmi.

Keduanya terlibat dalam perdagangan narkoba, pemerasan, pembunuhan, serta berbagai kegiatan ilegal lainnya. Saat itu, terdapat agen FBI yang menyamar dan memberikan informasi terkait bisnis gelap Bulger.

Namun, saat hendak ditangkap karena sejumlah kejahatan, Bulger berhasil melarikan diri dan jejaknya tak terlacak pada Desember 1994. Diketahui, agen FBI bernama John Connolly memberi tahu tentang hal itu kepadanya terlebih dahulu agar ia bisa kabur.

Ia kabur bersama dengan pasangannya bernama Catherine Greig. Pengejaran yang dilakukan FBI saat itu berlangsung selama lebih dari satu dekade.

FBI pada akhirnya mencari cara baru untuk memburu Bulger. Jika selama ini mereka hanya fokus pada pria tersebut, tim penyelidik mencoba mencari tahu tentang Greig.

Dari sana, seluruh pihak yang berhubungan dengan perempuan tersebut seperti salon dan klinik kecantikan, di mana Greig dikatakan kerap melakukan operasi plastik. Pada akhirnya, FBI menerima informasi bahwa keduanya tinggal di sebuah apartemen di California Selatan.

Keduanya memiliki nama samaran yaitu Charles dan Carol Gasko. Bulger ditangkap saat berada di kediamannya tersebut. Dalam penggeledahan, ditemukan senjata, surat identitas palsu, dan uang sebesar 800 ribu dolar AS.

Dalam pengakuan terhadap pihak FBI, Bulger mengaku kerap bepergian bersama Greig ke Boston, Meksiko, dan Las Vegas. Mereka melakukan penyamaran selama itu serta membawa senjata.

Pada Juni 2012, Greig dijatuhi hukuman delapan tahun penjara karena dianggap membantu menyembunyikan Bulger. Sementara, pria itu diadili pada 12 Agustus 2013 dengan 32 tuntutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *