Keren, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Banjir

by -

SEBUAH aplikasi pendeteksi dini ben­cana banjir berbasis Android diciptakan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM). Aplikasi bernama iFlee ini mun­cul mengingat banjir merupa­kan salah satu bencana yang kerap melanda, terutama di musim hujan. ­

Mahasiswa terdiri dari Asri Nur Latifah, Suryo Prakoso Putra, Zufar Amanulah M, Toga Ardian S dan Shalahud­din Al-Ayubi mengembangkan sistem berbasis Internet of Things yang dapat mengatasi masalah banjir. Sistem ini merupakan peringatan dini yang menghubungkan antara perangkat pendeteksi keting­gian air dengan aplikasi yang ada pada smartphone.

Salah satu anggota tim, Suryo Prakoso Putra mengatakan, perangkat iFlee yang terpasang di beberapa titik rawan banjir akan mengirim informasi re­altime mengenai kondisi ke­tinggian air di lokasi tersebut. Jika ketinggian air mencapai batas tertentu, perangkat akan langsung mengirim informa­si peringatan dini kepada warga yang berada di sekitar lokasi dengan dua cara, mela­lui pesan teks singkat (SMS) dan melalui notifikasi pada aplikasi dalam bentuk ani­masi.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu mitigasi bencana banjir dengan memberi infor­masi teraktual melalui smart­phone yang digunakan ba­nyak orang. “Merupakan se­buah inovasi yang mengga­bungkan kemampuan softwa­re-making, realtime server management hingga social networking yang berfokus pada bencana,” kata Suryo.

(okz/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.