Seram… Ini Gambaran Warna Api Neraka

by -

NERAKA sering disebutkan dalam Alquran dan jumlahnya sangat banyak. Dalam bahasa Arab disebut ’naar’. Tem­pat ini menurut keyakinan umat Islam adalah tempat manusia dan jin serta para makhluk yang membangkang ter­hadap syariat Allah SWT dan menging­kari para Nabi.

Pintu Neraka berdiri kukuh dan tertutup rapat. Itulah penjara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhi­rat. Ada juga orang-orang yang terakhir kali masuk Surga, setelah mereka disiksa sesuai dosa-dosanya yang telah me­reka perbuat. ­

Di dalam Alquran disebutkan bahan bakar Neraka adalah dari manusia dan batu (ada yang mengartikan berhala). Warna dan cahaya api Neraka ini berbeda dengan warna api pada umumnya di dunia ini. Begitu juga dengan panasnya. Sebagaimana keterangan-keterangan dalam hadis Ra­sulullah SAW, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

”Sesungguhnya Neraka jahan­nam itu lebih panas daripada apimu di dunia, 70 kali lipat. Api Neraka itu berwarna hitam dan gelap tak bercahaya.” Ra­sulullah SAW bersabda: ”Api Neraka itu dinyalakan semen­jak seribu tahun hingga ber­warna putih, kemudian diba­kar seribu tahun hingga ber­warna merah, setelah itu di­bakar lagi seribu tahun hingga berwarna hitam, Api neraka itu berwarna hitam tak bercahaya.”

(bac/dre/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *