Waspada, Istri Ikut Suami Jualan Tanda Kiamat

by -

SEORANG istri memiliki kewajiban mematuhi perintah suami dan mem­beri layanan yang baik terhadap anggota keluarga. Kegiatannya pun sebenarnya lebih banyak di rumah. Termasuk dalam hal mendidik anak-anaknya agar men­jadi anak yang salih dan salihah.

Meski demikian, tak menutup kemun­gkinan seorang istri mampu berkarya. Ia pun bisa mengekspresikan diri di luar rumah, dengan syarat memiliki izin dari suami. Selain itu, ia juga harus bisa menjaga diri dan kehormatannya. Tak menimbulkan madha­rat bagi orang yang melihatnya. ­

Tak semua perempuan me­nyadari akan syarat tersebut. Saking bebasnya perempuan keluar rumah, maka, banyak pula yang merasa bebas dalam hal apa pun, termasuk berpa­kaian. Selain itu, dalam hal perniagaan pun tak sedikit perempuan yang ikut andil di dalamnya. Tahukah Anda pert­anda apa ini? Inilah termasuk tanda-tanda akhir zaman.

Tanda mengenai maraknya perniagaan, keikutsertaan istri dalam berniaga atau berjualan dan monopoli pasar oleh se­gelintir orang sudah muncul dan menyebar. Karena sema­kin mudahnya melakukan bisnis dan perdagangan, sampai-sampai seorang istri pun ikut terlibat dalam peng­elolaannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, menjelang kedatangan hari kiamat nanti akan muncul tanda-tanda: pengucapan salam kepada orang tertentu, maraknya per­niagaan, bahkan seorang istri sampai membantu suaminya dalam berniaga, terputusnya tali silaturahmi, kesaksian palsu merajalela, kesaksian yang benar disembunyikan dan menyebarnya buah pena (tulisan),” (HR. Ahmad. Syaikh Syuaib al-Arna’uth menilai hadis ini sebagai hadis hasan. Hadis ini diriwayatkan dari beberapa jalur periwayatan).

(isl/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *