Wow, Yahoo Dijual Rp65 Triliun

by -

PERUSAHAAN internet asal Amerika Serikat, Yahoo, dijual ke perusahaan telekom Verizon Communications se­nilai hampir US$5 miliar atau Rp65 triliun. Yahoo rencananya akan digabungkan dengan AOL, laman internet lainnya yang dibeli Verizon tahun lalu.

Mengacu pada laporan yang dikutip dari Bloomberg, se­jumlah sumber mengatakan kesepakatan kedua perusa­haan akan diumumkan bebe­rapa hari lagi. Menurut seorang sumber, Verizon berencana membeli bisnis internet inti Yahoo seharga US$ 5 miliar atau sekitar Rp65,5 triliun.

Kesepakatan tersebut untuk saat ini tidak mencakup paten Yahoo, melainkan hanya aset-aset real estate. Adapun aset paten non-inti akan dijual terpisah, yang menurut sum­ber tersebut akan memakan waktu lebih lama.

Menurut analis Recon Ana­lytics LLC, Roger Entner, Yahoo dapat membantu memper­kuat bisnis Verizon, terutama di ranah internet. Seiring in­dustri wireless yang kian ma­tang, Verizon telah membeli berbagai perusahaan tekno­logi iklan dan internet, terma­suk AOL. Bersama dengan AOL, ”Yahoo baru” di bawah payung Verizon kemungkinan akan mendapat peluang baru untuk berkompetisi di pasar iklan digital yang saat ini didomi­nasi Google dan Facebook.

”Ini (pembelian Yahoo, red) akan memperluas basis iklan Verizon hingga lebih dari 200 juta pengunjung. Ini akan jadi pendorong besar dalam mesin iklan. Mereka juga bisa menda­pat lebih banyak data untuk membuat berbagai iklan yang relevan. Mereka akan memi­liki lebih banyak peluang dalam iklan,” jelas Entner.

Lalu bagaimana nasib peng­guna Yahoo? Dijualnya Yahoo ke Verizon pasti memuncul­kan berbagai imbas. Entah dari level pimpinan, karyawan atau mungkin dampaknya sampai ke Anda, pengguna setia Yahoo. Sayangnya, pihak Yahoo atau Verizon belum berbicara banyak seputar perubahan yang bakal ter­jadi terhadap produk Yahoo yang digunakan pengguna.

(lip/dtk/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.