Duh, Ratusan Ribu Warga Sukabumi Belum Punya e-KTP

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 571.082 warga Kabupaten Sukabumi tercatat be­lum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) meski sudah melakukan perekaman. Me­reka kini tinggal menunggu pencetakan KTP karena blanko pembuatan e-KTP dikirim dari pusat.

Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi mencatat jumlah perekaman KTP hingga April 2016 mencapai 1.546.913 dari jum­lah wajib KTP 1.560.279 orang. Sebanyak 975.831 di antaranya sudah memiliki e- KTP. Sedangkan sisanya sebanyak 571.082 baru menyelesaikan perekaman.

Sementara itu, Kepala Bidang Penda­taan Kependudukan Disdukcapil Kabu­paten Sukabumi Ridwan mengatakan, terbatasnya blanko menjadi salah satu alasan. “Blanko pembuatan e-KTP itu dikirim dari pusat. Sehingga proses pem­buatannya dibatasi sesuai perangko dari pusat,” ujar Ridwan. Persoalan lainnya, lanjut dia, masih ada masyarakat yang cuek terhadap pembuatan KTP. “Masih ada orang yang baru bikin KTP itu kalau ada perlunya seperti untuk pembuatan BPJS,” imbuhnya.

Sedangkan Kementerian Dalam Ne­geri (Kemendagri) memastikan tidak ada alasan blanko kosong dalam pembuatan e-KTP. Sejak awal 2016, setiap hari blan­ko selalu tersedia. ”Setiap kabupaten yang blankonya habis, dia akan langsung am­bil ke sini. Kalau ada yang bermasalah, itu berarti masalah internal di sana. Se­cara umum blanko tidak ada masalah,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Ke­pendudukan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri I Gede Suratha.

Biasanya, sambung Gede, ada petugas yang malas mengambil blanko. Kelurahan dan kecamatan itu mengambil blanko ke kabupaten di Disdukcapil. “Disdukcapil mengambil blanko ke Dukcapil pusat. Tinggal petugas di daerah apakah memang niat kerja untuk melayani warga atau tidak menyegerakan mengambil blanko untuk e-KTP,” tegasnya. ”Pada 2016 blanko itu ada terus,” sambungnya. Ka­rena blanko selalu tersedia, menurut dia, pembuatan e-KTP dipastikan bisa 14 hari atau bahkan bila semuanya lengkap bisa selesai satu hari.

(pk/dtk/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *