Kecamatan Cijeruk Belum Miliki Lembaga Kursus

by -

Metropolitan.id – Guna menciptakan lapangan kerja baru, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Cijeruk memin­ta warga yang memiliki keahlian untuk membuka lembaga kursus.

“Selama ini di Kecamatan Cijeruk be­lum ada lembaga kursus,” terang Peng­awas UPT Pendidikan Kecamatan Cijeruk Endang Edi ketika menjadi pembicara dalam rapat pembinaan dan pengawa­san kegiatan program pendidikan dan ilmu pengetahuan teknologi dan gene­rasi muda yang berlangsung di Rumah Kreatif Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, baru-baru ini.

Menurut Endang, umumnya masyara­kat tidak butuh lembaga kursus walau diadakan secara gratis. Untuk itu ia meminta pihak kecamatan mengubah stigma tersebut agar masyarakat umum dapat berkarya dan menghasilkan se­suatu yang bermanfaat untuk mereka atau keluarganya. “Ketika mereka lulus dari lembaga kursus maka ada yang bisa mereka praktikkan di lapangan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sebenarnya banyak lembaga kursus yang dibutu­hkan masyarakat. Sebab, ada dua lem­baga kursus yang berkaitan dengan kursus dunia usaha dan pabrik garmen. Dunia usaha itu meliputi kursus tata rias, perbengkelan, tata boga dan pe­ternakan. “Kita ubah semua itu dengan mengatakan bahwa sekarang kita tidak butuh, siapa tahu besok kita butuh. Hal itu agar masyarakat mau ikut la­tihan di lembaga kursus guna kese­jahteraan masyarakat bisa berubah,” ujarnya.

Kasi Kesra Kecamatan Cijeruk Ipah Latifah mengaku memang lembaga kursus di Kecamtan Cijeruk belum ada. Namun, Kecamatan Cijeruk sendiri telah mengadakan banyak pelatihan tingkat desa. Ia mencontohkan pelatihan yang sudah dirasakan manfaatnya oleh ma­syarakat yaitu pelatihan memasak pecel lele, menjahit dan merangkai bunga dari plastik daur ulang.

“Kita akui memang lembaga kursus di sini belum ada. Maka karena belum ada, kita giatkan pelatihan tingkat desa agar warga khususnya ibu-ibu dapat berka­rya untuk menambah penghasilan kelu­arganya. Pecel lele yang baru-baru ini sudah berjalan, demikin juga menjahit dan merangkai bunga sudah dilaksana­kan di setiap desa,” pungkasnya.

(nto/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *