Mintai Duit Rp1 Juta, Bapemdes Lakukan Pungli?

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 382 desa yang ada di Kabupaten Sukabumi dimintai uang Rp1 juta dari Anggaran Dana Desa (ADD) oleh Badan Pemberdayaan Masy­arakat dan Pemerintahan Desa (Bapemdes) Kabupaten Sukabumi. Alasannya, uang itu untuk pembuatan bender atau papan ang­garan transparansi yang berguna untuk masyarakat agar mengetahui ke mana dana dianggarkan serta untuk pembelian buku petunjuk cara penggunaan ADD.

Kepala Bapemdes Dedi Karyadi mem­benarkan adanya pungutan tersebut. “Tapi itu kan untuk kepentingan desa juga agar masyarakat mengetahui ke mana dana anggaran dikucurkan dan dikasih buku panduan ADD,” kata Dedi.

Terpisah, salah seorang kepala desa yang enggan disebutkan namanya mengatakan, secara organisasi pihak desa merasa kebe­ratan lantaran dana Rp1 juta bisa diguna­kan untuk keperluan lain. “Misalnya untuk penambahan anggaran ke jalan daripada harus membuat bender dan kalau dihitung paling juga hanya Rp300.000,” ujarnya.

Padahal, lanjut dia, tidak ada peraturan harus membayar Rp1 juta seperti perda atau perbup. “Kalau ada aturan itu akan kami patuhi peraturannya,” imbuhnya.

(man/hep/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *