Pramuka Kabupaten Bogor Keren, Gembira dan Asyik

by -

METROPOLITAN – Upacara peringatan Hari Pramu­ka Tingkat Kabupaten Bogor yang diadakan di Lapangan Tegar Beriman kemarin berjalan meriah dan lain dari tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan tema HUT ke-55 Pramuka yakni ’Keren, Gembira dan Asyik’ benar-benar diaplikasikan dalam upacara yang berlangsung pagi hari.

Upacara pramuka ini dipimpin Ka Mabicab Kabupaten Bogor Hj Nurhayanti. Ia menyam­paikan bahwa sebagai organisasi, maka Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor harus mam­pu menyelaraskan dengan si­tuasi dan kondisi lingkungan serta memperhatikan kebutuhan anggotanya. Para peserta didik, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, memer­lukan kegiatan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan, sehat, menan­tang dan disesuaikan tingkatan usia dan karakter. Sehingga nantinya dapat diminati seluruh generasi muda dan dapat men­cegah bahaya narkoba, kekera­san dan kenakalan remaja.­

Baca Juga  Ijtima 2.000 Ulama, Bupati Serukan Perangi Radikalisme

Pada upacara tersebut juga disematkan Lencana Penghar­gaan Melati, Dharma Bakti dan Panca Warsa sebagai wujud penghargaan terhadap peng­abdian pembina, pelatih dan Mabi bagi Gerakan Pramuka di Kabupaten Bogor. Selain itu juga disematkan penghargaan Garuda bagi golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pan­dega yang berjumlah 392 orang. Atraksi pada upacara tersebut terlihat sangat menarik, keren, gembira dan mengasyikkan, karena dikemas dalam bentuk permainan, olahraga dan kese­nian di samping keterampilan kepramukaan.

Pada peringatan Hari Pramu­ka juga diadakan Rapat Pari­purna Tahunan (Raparta) yang merupakan pertama di Indone­sia. Raparta tersebut merupakan forum rapat silaturahmi dan diskusi antarunsur Mabicab Ka­bupaten Bogor, 40 Mabiran dan 40 Kwarran se-Kabupaten Bogor dengan pengurus Kwarcab, ter­masuk Badan Kelengkapan Kwarcab dengan dihadiri Ketua Harian Kwarda Jawa Barat Baim Setiawan.

Baca Juga  Eks Gafatar ogah Diajak Salat Berjamaah

Dalam Raparta ini, Ka Kwarab Kabupaten Bogor Didi Kurnia menyampaikan visi, misi dan tujuan pramuka Kwarab Kabu­paten Bogor yang tercantum dalam Sapta Bakti. “Dalam Ra­parta ini juga diterbitkan Maja­lah Pramuka Sakti News seba­nyak dua edisi yang mempubli­kasikan kegiatan pramuka di Kwarcab Kabupaten Bogor se­lama 2015-2016,” paparnya.

Sementara itu, Waka Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor Riny Kusumawati mengatakan, Pramuka Terunggul adalah Pramuka yang memiliki nilai lebih di bidang sumber daya manusia, sarana prasarana, ma­najemen dan sistem informasi teknologi. Oleh karena itu, da­lam Raparta juga dipublikasikan website Kwarcab Kabupaten Bogor yaitu www.pramukabogor.org dan medsos facebook Gra­ha Pandu dan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor serta instagram kwarcab_kabbogor.

Baca Juga  Dinkes Siagakan 22 Pospam Kesehatan

(*/ram/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *