Rio Haryanto Ingin Kembali ke F1 Musim Depan

by -

Metropolitan.id – Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, ingin kembali berkiprah di kancah Formula 1 (F1) pada musim depan setelah kontraknya resmi diputus Manor Racing, Rabu (10/8/2016). Supaya pengalaman pahit musim ini tak terulang, manajemen Rio bakal melakukan persiapan yang lebih awal dan matang.

Petualangan Rio di F1 hanya bertahan sepanjang 12 seri karena tak mampu memenuhi kewajiban menyetor dana termin kedua kepada Manor senilai 7 juta euro (Rp 101 miliar). Dana tersebut sebagai jaminan Rio bisa berkiprah hingga akhir musim. Sayangnya, upaya manajemen Rio mencari sponsor baru selalu menemui jalan buntu.

Total, Rio telah menyerahkan dana senilai 8 juta euro (Rp 117 miliar) kepada Manor, yang berasal dari kocek manajemen dan Pertamina. Nominal tersebut hanya menggaransi kiprah Rio di F1 hingga seri GP Hungaria. Manor kemudian memberikan kelonggaran satu seri sehingga Rio masih bisa membalap di GP Jerman. Namun, tepat 10 hari berselang Manor akhirnya memilih berpisah dengan Rio dan menggaet Esteban Ocon sebagai pebalap baru mereka.

Pengalaman pahit ini tak membuat Rio patah arang. Menurut ibunda Rio, Indah Pennywati, sang putra masih punya keinginan besar untuk melanjutkan kariernya di ajang F1.”Pasti ingin masuk F1 lagi. Tapi perlu persiapan lebih matang supaya yang terjadi saat ini tak terulang.

Baca Juga  Kronologi Lift Jatuh di RS Fatmawati 12 Orang Terluka, Nenek Ini Menjadi Yang Terparah

Indah mengakui persiapan Rio memasuki kiprah F1 kurang matang. Hal itu berakibat pencarian sponsor menjadi tidak maksimal dan ujungnya Rio hanya bertahan setengah musim di Manor.

Selama lebih dari delapan bulan mencari sponsor, hanya Pertamina yang berkomitmen mengucurkan dana dengan nominal signifikan untuk Rio. Sedangkan sejumlah perusahaan lain mundur teratur karena pengajuan dana terlalu mepet atau tak memiliki dana sebesar yang dibutuhkan pebalap yang mengidolakan Ayrton Senna tersebut.

“Awalnya Rio ditawari Force India, tapi ternyata kami tak bisa mendapatkan dana senilai yang dibutuhkan. Kemudian ada tawaran dari Manor, tapi pencarian dana juga berlarut-larut. Nanti kalau Rio sudah pulang (ke Indonesia) kami akan pikirkan baik-baik apa yang harus dilakukan. Yang jelas, semuanya harus direncanakan lebih baik,” ujar Indah.

Baca Juga  Nambah Gedung Baru, Mayora Group Disoal Warga

Saat ditanya apakah sudah punya bayangan tim mana yang ingin dituju Rio pada musim depan, Indah menjawab singkat. “Kalau saat ini belum ada. Saya bahkan belum bertemu Rio, sehingga belum bisa mengobrol panjang,” kata istri Sinyo Haryanto tersebut.

Indah mengatakan saat ini Rio sedang berada di luar negeri. Menurutnya, kemungkinan Rio bakal pulang ke Tanah Air pada pekan ini, sekaligus menggelar konferensi pers untuk menjelaskan tentang nasibnya seusai diputus kontrak oleh Manor Racing.

Sumber:Bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *