Turun ke Jalan Pimpin Bebersih

by -

Metropolitan.id – Dalam memperingati HUT ke-71 RI, bebersih di Perempatan Ciawi menjadi agenda kedua setelah sebelumnya dilaksanakan gerak jalan sehat. Kegiatan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dan muspika tersebut mendapat antusias warga. Tak kurang 600 orang ikut bagian di dalamnya.

Ada desakan masyarakat yang meng­inginkan agar Ciawi sebagai etalase Ka­bupaten Bogor di bagian Selatan itu tidak terlihat kumuh dan semrawut. Menang­gapi hal itu, Camat Ciawi Bambang Se­tiawan tidak menunggu lama untuk action. Setelah mendapat dukungan masyarakat dan aparat terkait, ia dan jajarannya langs­ung turun ke jalan.

Dalam kegiatan itu ditemukan lima titik meteran listrik yang biasa dipakai Peda­gang Kaki Lima (PKL) sebagai sarana penerangan, Koramil Ciawi berinisiatif mencabutnya sebagai langkah penertiban.

Menurut Camat Ciawi Bambang Setia­wan, penertiban PKL dalam acara beber­sih itu bukanlah pelarangan PKL berjua­lan dan membongkar mata pencaharian masyarakat. Namun hanya menggeser saja yang tadinya berjualan di pinggir jalan ditertibkan berdagang di area Pasar Ciawi sebagai tempat yang sudah dise­diakan pemerintah. ”Jadi tidak ada peng­gusuran. Ini hanya penggeseran saja. Selain untuk kenyamanan para pengen­dara agar tidak macet, ini juga untuk keamanan para pedagang dari risiko kecelakaan di jalan raya,” ungkapnya.

Kapolsek Ciawi Kompol Nelson Siregar menyambut baik adanya kegiatan terse­but. Menurutnya itu adalah satu langkah maju bagi Kecamatan Ciawi. Hanya saja ada satu PR yang harus diselesaikan ter­kait wilayah Ciawi yang terbagi dua an­tara Kabupaten dan Kota Bogor. ”Dikha­watirkan ketika di wilayah kabupaten bebersih, para PKL malah pindah ke wi­layah Kota Bogor. Tetapi saya yakin pem­kot juga akan melakukan hal sama se­perti Kecamatan Ciawi untuk menata wilayahnya,” ungkapnya.

(ash/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *