101 Puskesmas Kini Terhubung Melalui Jaringan Internet

by -

CIBINONG – Agar tak ketinggalan zaman dan menjadi salah satu penciri kabupaten termaju di Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor kali ini meluncurkan program te­ranyarnya, yakni pembangunan jaringan komunikasi data internet 2016.

Data yang dihimpun Metropolitan, Diskominfo Kabupaten Bogor telah membangun jaringan internet yang terhubung ke semua Organisasi Pe­rangkat Daerah (OPD), yakni di 33 titik di Kawasan Tegar Beriman, 40 titik di kecamatan serta pengembangan la­njutan ke 17 kelurahan dan 101 pus­kesmas se-Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi Pengelolaan Jaringan Komunikasi Data Diskominfo Kabupa­ten Bogor Christian P Mesak menutur­kan, sistem informasi manajemen in­ternet pemerintah daerah merupakan salah satu dari 25 penciri kabupaten termaju di Indonesia.

“Untuk itu Diskominfo sebagai leading sektor telah membangun jaringan internet yang telah terhubung ke seluruh OPD se- Kabupaten Bogor,” tuturnya kepada Met­ropolitan, kemarin. Chris, sapaannya men­jelaskan, 2016 ini merupakan pengembangan dari jaringan internet yang telah berjalan sejak 2014 silam. Tahun ini merupakan pengembangan dengan sasaran 17 titik kelurahan dan 101 puskesmaas.

“Saya berharap dengan pembangunan jaringan internet ini dapat mempermu­dah setiap laporan, sebab saat ini la­poran dapat masuk melalui sistem online dan data center-nya pun ber­pusat langsung di Diskominfo,” ujarnya.

Chris menjelaskan, adapun pembangu­nan jaringan tersebut secara keseluru­han merupakan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, namun dikerjakan oleh pihak ketiga. “Pihak swasta hanya bekerja sama di bidang pengerjaannya saja, namun semua itu milik Pemda Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Selain itu, sambung Chris, pekerjaan tersebut tidaklah semulus apa yang di­bayangkan. Beberapa kendala pun harus siap dihadapi, seperti pembangunan yang berada di pelosok pedalaman desa dan sumber daya manusia yang tidak me­madai sering menjadi hambatan dalam pembangunan tersebut.

“Walau begitu, kami terus melakukan berbagai inovasi, seperti bimbingan dan pendampingan kepada para petugas di tiap kecamatan agar saat program itu ber­jalan dapat bekerja sama dengan baik,” pungkasnya.

(yos/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *