31 Kecamatan Rawan Bencana

by -

METROPOLITAN – Dalam sepekan ini, hampir setiap sore wilayah Bogor terus di­guyur hujan dengan intensitas sedang dan deras. Kondisi tersebut membuat Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Kabupaten maupun Kota Bogor mulai bersiaga karena berdasarkan hasil mi­tigasi masing-masing wilayah, terdapat 31 kecamatan rawan bencana alam, khususnya saat musim penghujan.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Bencana BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo mengung­kapkan, pihaknya sudah mulai meningkatkan kewaspadaan sejak sepekan terakhir meng­ingat intensitas hujan saat ini mulai meningkat. ”Kami sudah menyiagakan beberapa per­sonil di beberapa dua pos siaga rawan bencana yang standbye setiap hari,” kata Budi. Ia menjelaskan, sedikit­nya 25 dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, ma­suk rawan bencana alam, baik tanah longsor, banjir, maupun puting beliung. ”Untuk daerah rawan bencana longsor terse­bar di Kabupaten Bogor ba­gian selatan, barat dan seba­gian timur,” jelasnya.

Baca Juga  Tak Bisa Beli Jabatan, PNS Waswas nggak Lolos

Sementara itu, di Kota Bogor hampir seluruh kecamatan dinyatakan rawan bencana alam. Berdasarkan data BPBD Kota Bogor dalam laporan triwulan pertama 2016 di Kota Bogor terdapat 107 bencana. Tanah longsor terjadi sebanyak 49 kali. Sisanya, puting beliung, banjir dan pohon tumbang. Di Kota Bogor saja, terdapat 190 titik lokasi rawan longsor. Ba­hkan saat ini Kota Bogor be­rada di peringkat ke-461 untuk kerawanan bencana secara nasional.

(sin/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *