DISKOMINFO GODOK LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT ONLINE

by -

CIBINONG – Layanan Pengaduan Masyarakat Online (LPMO) saat ini se­dang dimantapkan dan digodok Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor. Layanan itu nantinya untuk mendapatkan sinkronisasi an­tara kebutuhan dan pembangunan di seluruh wilayah di Bumi Tegar Beriman.

Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Website Diskominfo Marjati menuturkan, dengan tersedianya layanan tersebut, masyarakat se-Kabupaten Bogor dapat mengadukan keluhan kinerja pemerintah melalui online. “Jadi setiap harinya masyarakat dapat mengadukan keluhan terkait pembangu­nan yang sedang dikerjakan,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin.

Selain itu, sambungnya, fasilitas peng­aduan tersebut berkaitan tentang hak masyarakat untuk mengetahui kinerja pemerintah. “Saluran ini sebagai alat kontrol masyarakat terkait kinerja Pe­merintah Kabupaten Bogor. Maka ma­syarakat dapat memberikan masukan kepada pemerintah,” ujar Marjati.

Kendati layanannya tengah digodok, namun saat ini layanan tersebut sudah bisa digunakan dan berbagai keluhan masuk setiap harinya hingga mencapai ratusan warga. “Keluhan terbanyak ya­kni terkait pembangunan jalan dan program e-KTP,” paparnya.

Karena berbasis informasi komuni­kasi, lanjutnya, keluhan tersebut dapat disampaikan melalui pesan singkat (SMS) dan via website. “Jadi saat masyarakat mengadu, dapat dijawab melalui kanal saluran tersebut,” jelasnya.

Saluran pengaduan tersebut telah ter­integrasi. Jadi, lanjutnya, sebagai admi­nistrator utama, Diskominfo langsung memoderasi ke seluruh SKPD dan setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

“Seperti pengaduan jalan, kami langs­ung moderasikan ke Dinas Bina Marga dan Pengairan dan di dinas terkait sudah ada pengelolanya. Mereka akan langsung menjawab dan mencari informasi ter­kait keluhan dan jawaban itu,” bebernya.

Wanita yang akrab disapa Marjati itu berharap dengan fasilitas tersebut, Disko­minfo mendapatkan kondisi riil di Kabu­paten Bogor. “Sehingga pembangunan di Kabupaten Bogor berguna dan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat,” pungkasnya.

 (yos/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *