Karang Taruna Lebarkan Sayap hingga Pelosok Desa

by -

CIBINONG – Pemberdayaan dan pen­guatan generasi muda di berbagai bidang kegiatan, menjadi fokus kinerja Karang Taruna Kabupaten Bogor saat ini.

Bahkan, wadah organinasi sosial ke­masyarakatan yang digawangi Irfan Drajat ini telah merambah di tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan hingga ke RT/RW.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor Irfan Drajat menuturkan, saat ini Karang Taruna tengah memasak program repo­sisi dan revitalisasi tingkat desa sebagai lembaga kemasyarakatan desa. Hal itu dilakukan guna memberdayakan kalangan pemuda dan pemudi agar lebih memi­liki daya kreativitas tinggi.

“Katar merupakan wadah peng­embangan generasi muda yang kini tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial yang juga berasal dari masyarakat un­tuk masyarakat, khususnya di bidang usaha kesejahteraan,” tutur Irfan ke­pada Metropolitan, kemarin.

Irfan mengatakan, tugas pokok karang taruna telah tertuang pada Peraturan Menteri Sosial (Permensos 77/huk/2010) dan Peraturan Daerah Kabupaten Bo­gor No 9 Tahun 2011 tentang lembaga kemasyarakatan di desa.

”Bersama-sama dengan pemerintah provinsi, daerah kabupaten dan kota serta komponen masyarakat lainnnya menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial,” ujar Irfan.

Selain itu, sambungnya, karang taruna juga didukung penuh bupati Bogor. Hal itu dibuktikan dengan keluarnya surat instruksi bupati kepada seluruh camat dan kepala desa untuk mereposisi dan merevitalisasi serta mengoptimalisasi fungsi dan peran serta karang taruna di tingkat kecamatan dan desa. ”Katar merupakan lembaga kemasyarakatan seperti LPM, BPD dan PKK,” terangnya.

Ia melanjutkan, pada akhir 2015 silam, Karang Taruna Kabupaten Bogor meng­gelar giat Bulan Bhakti Karang Taruna di Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Pada giat itu, karang taruna bersama bupati Bogor mencanangkankan Gerakan Berkarang Taruna dan hingga kini pihaknya terus menyosialisasikan ke pelosok wi­layah. ”Alhamdulillah saat ini kami sudah membantu restrukturisasi hingga menca­pai 50 persen,” paparnya.

(yos/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *