KIEV JADI TEMPAT FINAL LIGA CHAMPIONS

by -

METROPOLITAN – Final Liga Champi­ons musim 2017-2018 sudah ditentukan. Kiev, Ibukota Ukraina, telah ditunjuk se­bagai tuan rumahnya. Stadion yang akan dipakai untuk memanggungkan pertan­dingan besar itu ialah Kiev Olympic Sta­dium yang menjadi kandang dari kese­belasan Dinamo Kiev.

Sebelumnya stadion berkapasitas seki­tar 70 ribu penonton tersebut pernah dipakai untuk menggelar laga besar, yaitu final Piala Eropa 2012 antara Spa­nyol melawan Italia.

Keputusan itu diumumkan seorang ang­gota Exco UEFA, Frantisek Laurinec, se­kaligus mengakhiri negosiasi yang ber­jalan selama setahun. Dengan demikian, Ukraina akan menggelar pertandingan final Liga Champions itu pada 26 Mei 2018, kurang dari sebulan sebelum di­mulainya Piala Dunia di Rusia.

Padahal hubungan kedua negara ter­sebut sedang tidak baik, menyusul pen­caplokan wilayah Crimea oleh Rusia pada 2014. Situasi itu membuat UEFA turun tangan dengan mencegah Timnas Rusia dan Ukraina serta klub sepak bola kedua negara, tidak terundi dalam satu grup yang sama di berbagai kompetisi.

Disebutkan pula bahwa Stadion Lille­kula di Tallinn, Estonia, akan menjadi tuan rumah Piala Super Eropa pada 14 Agustus 2018. Namun, venue untuk laga final Liga Europa 2018 akan baru akan diumumkan beberapa waktu lagi. Se­mentara itu, final Liga Champions 2017 akan digelar di Stadion Millenium, Cardif, Wales pada 3 Juni.

(de/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *