DPKBD CATAT ASET DAERAH HINGGA RP17 TRILIUN

by -

CIBINONG – Membantu kepala bidang dalam menata data setiap laporan aset daerah se-Kabupaten Bogor merupakan salah satu tugas dan fungsi kepala seksi (kasi) Penata-usahaan, Bidang Pengelolaan Barang Daerah, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) Kabupaten Bogor.

Informasi yang dihimpun, pencatatan aset daerah pada 2015 mencapai Rp17 triliun dan telah disusutkan menjadi Rp14 triliun. Selain itu, pengelolaan barang daerah juga telah tertuang da­lam Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 19 Tahun 2016.

Kasi Penata-usahaan DPKBD Kabu­paten Bogor Yeni Nariani menuturkan, aset daerah terbanyak yakni di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor. “Saat ini baru semester I dan hanya baru laporan, namun belum ditata. Tapi biasanya aset daerah terbanyak yakni disdik,” tuturnya.

Menurut Yeni, tugas kasi Pencatatan Aset Daerah yakni hanya mencatat dan memberikan laporan kepada kepala bidang. “Selain mencatat apa yang su­dah SKPD realisasikan dari hasil be­lanja yang bersumber dari APBD, kami juga memverifikasi antara pengadaan barang yang telah dibelanjakan dengan barang yang ada,” bebernya.

Sehingga, lanjut dia, pelaporan dan pencatatan harus terinci terkait aset dae­rah. Kendati begitu, ada saja SKPD yang telat memberikan laporan tersebut. Se­hingga membuat sistem kerja terganggu. “Laporan pengadaan barang semester I paling lambat dua bulan, setelah ber­akhirnya semester itu harus dilaporkan, tapi ada saja yang terlambat,” keluhnya.

Dengan keterlambatan itu, pihak DP­KBD mengirimkan surat dengan batas waktu dua minggu setelah laporan tersebut. “Kami buat surat teguran. Kami juga berusaha jemput bola kalau ada keterlambatan itu. Kami hampiri SKPD terkait dan memberikan solusinya,” jelasnya.

Dia juga berharap SKPD terkait lebih tertib dan efektif serta efisien dalam menata laporan tersebut. “Jangan sampai ditegur lagi, karena bagaima­napun kami telah sosialisasi,” pung­kasnya.

(yos/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *