Lurah Mulyaharja dan Komunitas Peduli Lingkungan Bebersih Kali Cibeureum

by -

BOGOR – Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan, membuat kondisi aliran Kali Cibeureum kotor dan kumuh. Maka itu, Kelurahan Mulyaharja dan beberapa komu­nitas peduli lingkungan wi­layah Kecamatan Bogor Selatan lakukan aksi bebersih di Kali Cibeureum, Jalan Cibeureum Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Aksi itu pun dipimpin langs­ung Camat Bogor Selatan Su­jatmiko dan Lurah Mulyaharja Suburudin serta diikuti puluhan komunitas seperti Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Rayon Bosel, Karang Taruna, Taruna Kompos, Komunitas Belantara, BMK dan Crash Bag.

Camat Bogor Selatan Sujat­miko mengatakan, aksi beber­sih ini merupakan langkah konkret yang dilakukan aparat wilayah dalam menjaga keber­sihan. Sebab dengan kepedu­lian itu, otomatis lingkungannya terlihat bersih dan nyaman serta terhindar dari bencana. ”Gerakan bebersih ini salah satu program Pemerintah Kota Bogor dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dengan target ke depan, meraih Adipura,” katanya di sela kegiatan, kemarin.

Sementara Lurah Mulyaharja, Suburudin menjelaskan, gera­kan bebersih itu berawal dari keprihatinan kita terhadap kondisi aliran sungai yang kon­disinya kumuh. ”Kami lakukan ini sengaja untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar mereka senantiasa peduli ter­hadap lingkungannya. Sebab dengan lingkungan yang ber­sih, otomotis dapat memini­malisir terjadinya bencana,” jelasnya.

Tak hanya itu, ke depan pi­haknya akan memasang span­duk larangan membuang sampah di sepanjang Kali Ci­beureum. Tujuannya agar kali tersebut selalu terlihat bersih. ”Sampah-sampah itu diserah­kan ke DKP untuk dibuang pada tempatnya. Selain itu, ada juga sebagian sampah yang dimanfaatkan kembali dengan cara didaur ulang di tempat pengolahan sampah,” terang­nya.

(her/ar/ram/wan)