410 Pohon di Sholis Diganti Rp1 Miliar

by -

METROPOLITAN – Rencana PT Marga Sarana Jabar (MSJ) mengganti pohon sepuluh kali lipat kembali dibahas. Pihak pengembang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) sesi II B itu telah menyiapkan anggaran Rp1 miliar untuk mengganti 410 pohon yang ada di Jalan KH Soleh Iskandar (Sholis) meliputi pohon Bun­gur 138, pohon Bintaro 118 dan pohon Trembesi 96.

Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo men­gatakan, proyek jalan Tol BORR sesi dua sudah masuk genai pohon yang ditebang, ia mengaku akan sesuai ara­han walikota Bogor. “Pohon dari tahun 2008 sampai 2010 yang ada harus hilang. Tapi nanti akan diganti, agar lancar pembangunan itu,” ungkap Hendro. ­

Baca Juga  Wisatawan Puncak Bogor Diusir Satgas Covid-19

Ia memastikan bahwa ang­garan yang disiapkan akan cu­kup untuk mengganti semua pohon yang sudah ditebang. Sehingga pasca pemban­gunan jalan tol tersebut ada penghijauan kembali di Jalan KH Soleh Iskandar. “Memang setelah pembangunan kita selalu lakukan penghijauan, agar jalan pun tidak menjadi gersang,” paparnya.

Sementara pakar Landscape IPB Hadi Susilo mengatakan, penebangan pohon secara pribadi dirinya tidak mensetu­jui hal itu karena harus di­kaji jauh-jauh hari serta publik hearing dilakukan dahulu. Tetapi tidak ada kata terlam­bat kalau ada maksud baik, dengan pohon yang ditanam ada yang lebih dari sepuluh tahun. “Yang perlu dijamin adalah pohon itu harus tum­buh, itu yang perlu kita kawal untuk lokasi dan memastikan tumbuh. Harus ada rencana, kontrol dan desain, jadi bukan banyaknya penggantian,” katanya.

Baca Juga  Wandik Sebut Paksaan Bayar Spp Bisa Jadi Pungli

Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan, pembangu­nan Tol BORR jangan sampai mengorbankan lingkungan, dengan konsep Kota Bogor.

“Jadi tetap ada alokasi tana­man yang ada di jalan Sholis, beberapa pohon dan untuk penggantiannya akan dita­nam dilahan kritis di sungai Ciliwung dan Cisadane tapi melalui kesepakatan, tandas­nya.

(mam/b/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.