Cegah Pungli , KEMENDIKBUD Gelar Lokakarya Penguatan Peran Aparatur

by -

METROPOLI­TAN – Salah satu strategi mem­berantas pungu­tan liar (pungli) adalah memper­kuat efektivitas pengawasan in­ternal pada in­stansi pemerin­tahan. Fungsi pengawasan tersebut dijalankan Aparat Pengawasan Inter­nal Pemerintah (APIP). Untuk mendu­kung pemberantasan praktik pungli, Kementerian Pendidikan dan Kebu­dayaan (Kemendikbud) menggelar Lokakarya “Peran APIP dalam Pence­gahan Pungutan Liar pada Layanan Publik”.

Dalam lokakarya tersebut, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Kea­manan (Menko Polhukam) Wiranto, hadir sebagai pembicara kunci (key­note speaker). Wiranto mengatakan, kenyataannya praktik pungli sudah ada sejak zaman penjajahan. Namun, kita tidak bisa terus membiarkan. “Su­dah saatnya (pungli) kita berantas dengan cara-cara yang dibenarkan hukum, sistematis, total dan berkesinam­bungan. Kita harapkan hasilnya bersih,” ujar Wiranto di Graha Utama Kemen­dikbud, Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga  SDN Cimahpar 2 Butuh Ruang Kelas Baru

Wiranto yang menjabat sebagai Ke­tua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungu­tan Liar (Satgas Saber Pungli) itu juga memberikan apresiasi kepada kemen­dikbud yang telah cepat merespons Program Sapu Bersih Pungli dengan membentuk Unit Pemberantasan Pun­gutan Liar di Lingkungan Kemendikbud. Pembentukan unit tersebut dilakukan melalui Keputusan Mendikbud Nomor 317/P/2016, sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendaya­gunaan Aparatur Negara dan Refor­masi Birokrasi (PAN dan RB) Nomor 5 Tahun 2015 yang merinci langkah-langkah pemberantasan praktik pungli. “Semoga dengan adanya respons cepat dan langkah yang sangat kuat serta mendukung operasi sapu bersih pungli ini, lingkungan kemendikbud bersih dari pungli,” ujar Wiranto. Lo­kakarya ini diharapkan dapat meng­gali ide dan gagasan antarkemente­rian/lembaga terkait pelaksanaan Saber Pungli.

(*/ram/dit)

Baca Juga  Siswa SMK N 2 Cibinong Gelar Farawell Concert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *