Desa Tugujaya Bangun Minimarket BUMDes

by -

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tugujaya mendirikan minimarket yang dikelola langsung Pemerintah Desa Tugujaya, Kecamatan Cigom­bong, Kabupaten Bogor. Minimarket ini nantinya bakal menampung produk Usaha Mikro Kecil Men­engah (UMKM) yang menjadi basis ekonomi rakyat. Tak hanya itu, minimarket ini juga menggandeng Taman Teknologi Pertanian (TTP) untuk menampung semua jenis usaha pengembangan di bidang pertanian.

Kepala Desa (Kades) Tugu Jaya Sugan­di Sigit mengatakan, pihaknya ingin men­ciptakan ’Desa Smart’ salah satunya dengan mendirikan minimarket yang dikembang­kan dan dijalankan langsung BUMDes untuk menampung semua produk lokal milik pelaku UMKM di Desa Tugujaya khu­susnya. “Sedikitnya terdapat tujuh UMKM yang saat ini produknya akan ditampung. Ketujuh UMKM tersebut memproduksi makanan ringan khas masyarakat Sunda. Seperti rangginang, kembang goyang, keripik pisang, talas dan masih banyak lagi,” bebernya kepada Metropolitan.

Baca Juga  Pemdes Ciburuy Gelar Maulid dan Santunan Yatim

Tak hanya produk UMKM, lanjut Sugandi, pihaknya juga menampung produk perta­nian hingga peternakan. Hasil pertanian dan peternakan yang sudah didata antara lain, telur ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (KUB) hingga susu kambing. Di Provinsi Jawa Barat (Jabar), masih kata Su­gandi, hanya empat desa yang mendapatkan kepercayaan untuk mengelola langsung minimarket di bawah naungan BUMDes sa­lah satunya Pemerintah Desa Tugujaya. “Al­hamdulillah kami mendapatkan kepercaya­an langsung mengelola minimarket ini. Kami akan memanfaatkan untuk memberikan kesejahteraan kepada warga dan berupaya menampung seluruh produk UMKM,” im­buhnya. Dalam waktu dekat, ’Desa Smart’ akan diresmikan langsung kementerian desa (kemendes).

(nto/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *