Guru Harus Mampu Tingkatkan Motivasi Siswa

by -

METROPOLITAN – Para guru dan ke­pala Sekolah Dasar (SD) di Kota Bogor, harus mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya, khususnya siswa kelas VI. Selain wajib ada di dalam ke­giatan pembelajaran, juga untuk mening­katkan mutu dan kualitas kelulusan.

Sebab, motivasi belajar siswa satu dengan yang lain sangatlah berbeda. “Maka guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa, supaya memiliki seman­gat belajar dan mampu menjadi siswa yang beprestasi serta dapat mengembang­kan diri secara optimal,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SD, Dinas Pendidikan Kota Bogor Maman Suherman, dalam pengarahannya pada kegiatan bimbingan teknis (bintek) penyusunan soal-soal Ujian Sekolah dan tryout, di SDN Papandayan, Kelurahan Babakan, pagi kemarin.

Baca Juga  Curigai Seseorang, Polisi Buru Pembunuh Bocah Mungil di Bogor

Menurut Maman, dalam belajar, ting­kat ketekunan siswa maupun maha­siswa sangat ditentukan oleh motif dan motivasi belajar yang ditimbulkan dari motif tersebut. Dengan kata lain, mut­lak dimiliki seorang siswa demi keber­hasilannya dalam belajar. Karena, mo­tivasi adalah satu faktor penting untuk keberhasilan seseorang dalam melaku­kan suatu tindakan, termasuk dalam belajar di sekolah. ”Saya berharap, para guru mampu mengajar dengan menggunakan pembelajaran yang komu­nikatif dan kreatif. Tapi dalam hal ini, kemampuan guru ketika menggunakan media pembelajaran sangat penting. Sebab, proses pembelajaran tidak boleh monoton tapi harus kreatif. Jadi, guru harus senantiasa melakukan peng­embangan diri, dengan berbagai hal seperti seminar, maupun pelatihan-pelatihan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Gugus 3 SD Kecamatan Bogor Tengah Hamzen, ke­pada Metropolitan, berharap peserta bin­tek mampu mengembangkan dan men­ciptakan proses belajar yang dapat disenangi peserta didiknya. Sehingga, prestasi se­kolahnya semakin meningkat. Tapi, hal itu tidak terlepas dari posisi dan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kua­litas sekolah.

Baca Juga  SDN Harjasari 1 Diminati Orang Tua Murid

(dod/tur/ar/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *