Ini Dia Syarat Ormas Dapatkan Dana Hibah

by -

CIBINONG – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah me­nyiapkan bantuan dana hibah untuk organisasi kemasyarakatan (ormas). Staf Bidang Pembinaan Politik dan Hu­bungan Antarlembaga, Kantor Kesa­tuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor Made Ulung men­gatakan, bantuan itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor. Namun, tidak semua ormas mendapatkannya. “Ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan bantuan dana hibah. Salah satunya aktif dan rutin membe­rikan laporan pertanggungjawaban kinerja,” katanya.

Ia menjelaskan, setiap ormas akan mendapatkan dana hibah sekitar Rp50 juta–Rp100 juta. Mereka harus terdaf­tar di Kesbangpol terlebih dulu. Untuk mekanisme bantuan tersebut, ormas maupun LSM harus memberikan surat permohonan kepada Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Bogor, khususnya bupati Bogor.

Baca Juga  Ini Target Ade Wardhana Adinata Maju Ke Senayan Perjuangkan Aspirasi Yang Tertunda

“Setelah surat pengajuan itu disetu­jui, baru bantuan tersebut dapat dira­sakan manfaatnya, khususnya untuk kepentingan masyarakat, menjaga ketertiban dan keamanan wilayah,” bebernya.

Wanita yang akrab disapa Made itu pun menjelaskan, bantuan tersebut biasanya akan dirasakan pertengahan maupun akhir tahun. “Saya berharap setelah mendapatkan bantuan dana hibah itu, mereka dapat mempertanggungjawab­kan dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

(yos/b/feb/mg2/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *