Ini Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Daging Sapi Di Pasar

by -206 views

METROPOLITAN – DAGING merupakan produk bahan baku makanan yang sensitif. Pemilihan dan penyimpanan daging sapi harus sangat diperhatikan agar daging tetap segar. Lalu ada mitos berkembang jangan membeli daging sapi di pasar saat sudah siang atau sore. Kenapa?

Baru-baru ini, Selebriti Chef Chandra Yudaswara mengatakan memang tidak disarankan membeli daging sapi saat siang atau sore hari di pasar. Alasannya karena daging termasuk komoditas yang cepat rusak jika disimpan secara asal. Seperti kita ketahui penjual daging di pasar menjajakan dagangannya dengan ditaruh di meja dan terpapar suhu panas.

Sementara bakteri dalam daging akan sangat cepat berkembang ketika daging ada di suhu ruang apalagi suhu panas. “Daging di pasar cepat rusak karena panas. Si pedagang membiarkan dagingnya tergeletak, kena panas, kena udara bebas. Daging semakin cepat rusak dan kotor, tidak higienis,” beber Chef Chandra.

Baca Juga  Harga Daging Sapi di Pasar Bojonggede Belum Turun

Pria ramah yang wajahnya kerap terlihat di layar kaca ini juga menyarankan jika ingin membeli daging di pasar sebaiknya dilakukan pagi hari. “Ini juga alasan, pedagang daging kan jualannya pagi-pagi habis Subuh. Kita juga harusnya kalau mau beli daging berkualitas di pasar makin pagi makin bagus. Daging masih segar, belum kena panas, juga belum banyak dipegang-pegang penjual agaupun pembeli yang datang,” terangnya.

Hal ini bukan melarang membeli daging di pasar tetapi jika ingin daging yang dibeli punya kualitas bagus maka sarannya adalah jangan membeli daging dibsiang hari. “Kalau kualitas daging di pasar sebenarnya bagus. Yang membuat turunnya kualitas adalah proses penanganannya yang tidak tepat,” pungkas Chef Chandra.

Baca Juga  Pemilik RPH di Parungpanjang Terdampak Aksi Mogok Pedagang Daging

SUMBER : OKEZONE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *