Jalan R3 Dibangun Tahun Depan

by -

METROPOLITAN – Setelah mangkrak satu tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana melanjutkan pembangunan jalan Regional Ring Road (R3) sesi III. Jalan ini menghubungkan Parung banteng dan Bendungan Katulampa.

Pembangunan sempat tertunda lantaran jalan yang dibangun PT Ide Murni Pratama (IMP) tersebut tidak sesuai harapan. Dari perencanaan awal 1,4 kilometer, namun PT IMP hanya mampu membangun 400 meter.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, pembangunan jalan yang menjadi pengurai kemacetan di Kota Bogor ini akan dibangun kembali menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 Pemkot Bogor.

Sehingga proses pembangunannya baru dimulai tahun depan. Menurut dia, keberadaan jalan tersebut sangat membantu akses masyarakat Kota Bogor.

“Jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga lebih mudah menuju pusat kota,” ujarnya kepada Metropolitan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan R3, kemarin.

Baca Juga  Bnnk Bogor Buka Loker Sekuriti Baru

Untuk saat ini, pemkot masih harus membebaskan lahan. Sedangkan untuk pembangunan fisiknya dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui bantuan provinsi. Namun orang nomor dua di Kota Bogor itu sangsi jika pembangunan jalan tersebut akan dibantu kembali oleh pemprov karena pembangunan jalan ini pernah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Saat ini kasusnya ada di Polda Jabar, tidak tahu sudah selesai atau belum,” terangnya.

Untuk sesi III tersebut, sebelumnya Pemprov Jabar menggelontorkan dana Rp21,7 miliar, namun hal tersebut berubah menjadi Rp16 miliar karena PT IMP hanya mampu mengerjakan 400 meter. Karena tidak menyelesaikan semua, bahkan setelah diberikan pertambahan waktu selama 50 hari kerja PT IMP pun tetap tidak mampu menyelesaikannya.

Baca Juga  Bakal Pakai BPKP Ciawi Buat Isolasi Pasien Covid-19, Pemkot Bogor Tunggu Izin Ade Yasin

“Maka dari itu, harus segera diselesaikan. Dan harus memilih pihak ketiga yang benar-benar kompeten di bidangnya,” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jajat Sudrajat menjelaskan, jika kemampuan keuangan Pemkot Bogor mampu membiayai kelanjutan Pembangunan Jalan R3, maka pihaknya akan menganggarkannya. Namun jika tidak mampu terpaksa Pemkot Bogor harus mengajukan tahun depan.

“Kami harus lihat dulu kemampuan keuangan, kalau memungkinkan akan kami anggarkan,” katanya.

Politisi PKS ini berharap Pemprov Jabar atau Pemerintah pusat mengetahui permasalahan di Kota Bogor. Sebab, jalan R3 sudah menjadi kebutuhan dan salah satu solusi mengurai kemacetan di Kota Bogor.

“Ini salah satu cara mengurai kemacetan yang ada dan memang harus segera dibangun, namun karena kemampuan keuangan yang terbatas, harus ada bantuan dari pusat,” jelasnya.

Baca Juga  Maling Motor Demi Beli Mas Kawin

(mam/b/els/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.