Lagi, PSSI Incar Pemain Naturalisasi

by -

METROPOLITAN – Persatuan Se­pakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kem­bali membuka peluang melakukan naturalisasi pemain keturunan Indone­sia. Setelah muncul Ezra Walian, kemun­gkinan akan ada nama baru lainnya.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menilai tak menutup kemungkinan ada pemain yang akan dinaturalisasi ke depannya. Tapi pemain itu tentu tidak sembarangan. “Tentu dengan per­timbangan yang matang dan kehati-hatian,” kata Joko.

Seperti diketahui sejak 2010 lalu, tren naturalisasi pemain sudah pernah dilakukan. Mulai dari Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, Raphael Maitimo, Victor Igbonefo dan Stefano Lilipaly.

Namun pada era kepengurusan La Nyalla Mat­taliti hal itu dilarang. Sebab menurut La Nyalla, naturalisasi tidak perlu dilakukan sebab Indonesia me­miliki segudang pemain berbakat dan harus diutamakan.

Baca Juga  MOU BALAS SINDIRAN OWEN

Sementara itu keinginan Ezra menjadi WNI diungkapkannya setelah melihat penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu. Ezra memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah, Glen Walian yang asli dari Manado, Sulawesi Utara. Ayahnya menikah dengan Linda, seorang wanita Belanda.

(dtk/er/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *