Pakai Nomor Dada 16, Jokowi Masuk Peringkat ke-21

by -

Pemandangan berbeda terlihat di Lapangan Pusdikzi Kota Bogor. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya duduk di bangku VVIP penonton, tetapi juga menjadi peserta Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017. Dengan mengenakan nomor dada 16, Jokowi beradu kelihaian me­lesatkan anak panah bersama 29 peserta lainnya.

Sejak delapan bulan lalu Jokowi sudah rajin berlatih bersama Ketua Persatuan Panahan Indonesia Risal Barnadi. Apalagi pertandingan ini juga diikuti atlet yang pernah membawa nama Indonesia meraih medali Olimpiade. Termasuk bersaing dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi serta dua atlet nasional yakni Rosiana Gelante dan Nur Fitriana.

Menurut Jokowi, keikutsertaannya diharapkan bisa turut memotivasi atlet panahan. “Ini hanya ikut-ikutan. Tetapi yang paling penting bisa memotivasi atlet panahan junior maupun senior agar menekuni dan prestasi kita bisa melompat lebih baik,” kata Jokowi usai mengikuti pertandingan di kelas umum nasional eksekutif jarak 20 meter.­

Jokowi berharap para at­let, terutama usia dini, bisa mengikuti lebih banyak ke­juaraan sehingga bisa men­gukir prestasi yang lebih baik pada masa mendatang.

Jokowi juga terkejut dengan perolehan angkanya yang mencapai di atas seratus poin. “Nilainya 107 poin, lebih dari seratus dan bisa kena kun­ingnya (lingkaran tengah/nilai tertinggi, red),” katanya.

Presiden mengungkapkan, dia berlatih sekitar 7-8 bulan pada Sabtu dan Minggu se­bagai bagian dari kegiatan olahraga selain berlari.

Jokowi mengatakan, panah­an membutuhkan konsentrasi sehingga harus fokus dan bisa diterapkan sebagai falsafah kehidupan sehari-hari. “Yang paling penting kegiatan apa pun itu ada target. Panahan itu targetnya jelas, kuning pas yang di tengah,” kata Jokowi.

Pelatih Jokowi, Rizal Barnadi mengungkapkan, ketertarikan Jokowi menggeluti olahraga panahan telah tumbuh sejak Jokowi masih belia saat di So­lo. “Beliau bercerita, rumahnya di Solo nggak jauh dari lapan­gan panahan. Karena sering melihat yang latihan panahan, jadi ingin ikut latihan pana­han,” ujar Rizal.

(feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *