Sekolah Harus Mengembangkan Pendidikan Budi Pekerti

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mengingatkan agar kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Per­tama (SMP), mengembangkan Pendidikan Budi Pekerti (PBP) terhadap peserta di­diknya. Karena, nilai-nilai yang dibentuk dalam PBP itu tak lain adalah sikap, prilaku dan akhlak.

Sehingga, nantinya akan terwujud dalam tingkah lakunya sehari-hari. ”PBP itu sangat­lah baik. Sebab, yang dibentuk adalah nilai-nilai akhlak mulia,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Disdik Kota Bogor H Fahrudin, kepada Met­ropolitan, di ruang kerjanya, siang kemarin.

Seperti kata H Fahmi, panggilan akrab H Fahrudin, mengintegrasikan konten kurikulum PBP yang telah dirumuskan ke dalam seluruh mata pelajaran yang rele­van. Terutama dalam mata pelajaran agama, kewarganegaraan dan bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Tidak itu saja, penerapan dan proses PBP di sekolah, lanjut H Fahrudin yang juga sekretaris disdik, harus pula berjalan optimal dan efektif.

Baca Juga  Kadisdik Optimis Rata-Rata Sekolah 9 Tahun Tercapai

Bahkan, pihak sekolah harus mampu membangun komunikasi dan kerja sama dengan orang tua murid. Tapi, harus ber­kenaan dengan berbagai kegiatan dan program PBP yang telah dirumuskan atau direncanakan sekolah.

Hal itu dilaksanakan, lanjut H Fahmi, supaya terjadi sinkronisasi nilai-nilai PBP yang dia­jarkan guru di sekolah dengan apa yang ajarkan orang tua di rumah. ”Bila memun­gkinkan, orang tua murid juga dilibatkan dalam proses identifikasi kebutuhan program PBP di sekolah,” imbuhnya.

Jadi, dengan pelibatan orang tua murid dalam proses perencanaan program PBP di sekolah, diharapkan orang tua murid tidak hanya menyerahkan proses pendi­dikan budi pekerti anak-anaknya kepada pihak sekolah, tetapi juga dapat ikut serta tanggung jawab dalam proses pen­didikan budi pekerti anak-anak mereka di keluarga.

Baca Juga  Toleransi Beragama Sangat Kental Di SMA Kosgoro

(ar/tur/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.