Tahun Ini Dua Waduk Mulai Dibangun

by -

 METROPOLITAN – Kementerian Pe­kerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-PR) kembali melanjutkan program pembangunan dua waduk di Kabupaten Bogor. Rencananya, peker­jaan pembangunan yang menelan ang­ka sebesar Rp1,248 triliun itu akan diga­rap tahun ini. Di antaranya, Waduk Ciawi seluas 90 hektar persegi dan Waduk Sukamahi seluas 50 hektar persegi.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, kedua waduk itu sebagian lahannya su­dah mulai dibebaskan secara bertahap. Sementara, untuk kontrak fisiknya sudah dilakukan pada akhir Desember 2016. Diperkirakan, dua waduk yang ditujukan untuk mengantisipasi banjir di Jakarta akan terselesaikan pada 2019 nanti. “Ta­hun ini pembangunannya mulai dikerja­kan,” kata Nurhayanti setelah melakukan rapat bersama dengan Balai Besar Wi­layah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) di Pendopo Bupati Bogor, kemarin.

Baca Juga  Cerita Warga yang Pertama Kali Temukan Jasad Cai Chang Pan Gantung Diri di Hutan

Hal senada diungkapkan Kepala BBWSCC T Iskandar

Menurutnya,akhir Desember kemarin pihaknya sudah menandatangani kontrak untuk pekerjaan Waduk Ciawi dan Sukamahi. Lalu, dilanjutkan dengan upaya pembebasan lahan yang sudah dimulai dengan membayarkan sebanyak lima bidang tanah. ­

“Fisik akan dimulai tahun ini, karena argonya sudah berjalan. Untuk pembebasan lahan akan dilakukan secara bertahap ber­sama BPN, camat dan desa untuk menginventarisasi pem­bayaran berikutnya,” kata Is­kandar.

Lelaki beruban itu menjelas­kan, biaya pembangunan yang digelontorkan untuk Waduk Ciawi senilai Rp786 miliar dan Sukamahi senilai Rp462 miliar. Sementara, untuk Waduk Ci­awi pelaksanaannya akan di­kerjakan PT Brantas Abipraya dan KSO nya. Sedangkan, Wa­duk Sukamahi dikerjakan PT Wijaya Karya dan KSO nya. “Total keseluruhan bangunan fisik Rp1,248 triliun murni dari Kemen PU-PR. Kalau lahan sebagian ada dari Provinsi DKI Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga  1.190 ’Barang’ Milik Napi Cibinong Musnah

Ia menambahkan, sampai saat ini tidak ada kendala yang dirasakan dalam pembangu­nan dan pembebasan kedua waduk tersebut. Karena, Pe­merintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui jajarannya sangat mendukung progres pembangunan ini. “Mudah-mudahan semua berjalan sesuai dengan yang diharap­kan,” ungkapnya.

(rez/b/els/ dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *