Tuyul Situ Babakan Resahkan Warga

by -

DRAMAGA – Warga Situ Babakan, RT 03/07, Desa Babakan, Kecamatan Dra­maga, digegerkan oleh penampakan anak kecil seperti tuyul yang bermain di kawa­san situ.

Setiap malam warga yang biasa me­mancing sering diresahkan kehadiran tuyul. Kemunculannya pun kerap mem­buat ikan-ikan sulit didapat. “Ada tiga tuyulnya. Pernah lihat, mereka main air di situ,” ungkap salah seorang warga Situ Babakan, Supriyadi (43).

Ia mengaku pernah melihat ketiga mak­hluk berkepala plontos tersebut mengena­kan celana dalam putih. “Apeslah pokoknya tiap ada itu tuyul, kita nggak dapat ikan,” akunya. Hal senada diungkapkan Nurdi Hamza, warga RW 07 yang mengaku me­lihat tuyul di antara para pemancing ikan di Situ Babakan.

Ketiga tuyul tersebut biasanya muncul sekitar pukul 23:30 hingga 01:00 WIB. “Waktunya tidak tentu. Jika kawanan tuyul sudah tampak, warga yang meman­cing sulit mendapatkan ikan karena ikan­nya pada kabur. Biasanya dapat lele. Tetapi jika tuyul datang dan bermain di situ, satu ikan pun tak dapat,” bebernya.

Baca Juga  Desa Sukadamai Bentuk IPSM

Ia menambahkan, kehadiran tuyul tak hanya merugikan warga yang memancing ikan, warga pun khawatir harta benda mereka hilang. ”Kehadiran tuyul di Situ Babakan terjadi baru-baru ini saja, dulu mah tidak ada,” bebernya.

Terpisah, Kepala Desa Babakan Sehu Syam mengaku Situ Babakan merupakan situ buatan yang digunakan warga untuk irigasi dan serapan saat kemarau. Selama ini memang sering digunakan warga me­mancing dan usaha tambak ikan.

Dengan adanya isu penampakan tuyul tersebut, diharapkan warga tak mudah percaya. Sebab, selama ini belum ada warga yang melapor adanya hal tersebut , termasuk laporan kehilangan barang.

” Warga diminta tidak mudah terprovo­kasi dengan isu penampakan tuyul di area Situ Babakan sampai ada laporan kehilangan uang,” pungkasnya.

Baca Juga  Polsek Cibungbulang Kumpulkan Tokoh Desa

(ads/b/feb/mg3/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *