Uncal Belum Layak Beroperasi

by -

METROPOLITAN – Antusias sejumlah warga Kota Bogor yang ingin menjajal bus wisata Uncal nampaknya akan berkurang. Sebab, bus yang dirilis awal 2017 ini ternyata belum layak beroperasi. Hal ini dibe­narkan Kepala Seksi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dinas Perhubungan Kota Bogor, Mulyadi. Menurut dia, bus Uncal saat ini masih dalam proses uji kelayakan di Dishub Provinsi Jawa Barat.

Padahal dalam peratuaran Menteri Perhubungan tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan ber­motor umum tidak dalam trayek Pasal 30, setiap kendaraan wajib memiliki Buku Uji Kelayakan. ”Kalau belum ada ya tidak boleh beroperasi, ka­rena memang aturannya se­perti itu, harus lengkap STNK, Buku KIR, Buku Uji Kelayakan,” ujarnya.

Baca Juga  Percantik SSA, DLH Pasang Tempat Sampah Modern

Meski demikin,  Meski demikian, bus Uncal sudah diuji coba mengitari Kebun Raya Bogor sejak di­luncurkan pada 31 Desember 2016. Menurut Mulyadi, hal itu bukan dalam bentuk ope­rasi melainkan hanya uji coba. ”Surat uji coba dari kepolisian kan sudah ada dan itu sebe­narnya bukan beroperasi tapi masih dalam tahap uji coba,” ujarnya.

Rencananya bus wisata Uncal akan mulai dioperasikan pada hari Sabtu. Hanya saja sampai saat ini menurut Mulyadi, bus wisata Uncal belum dilengka­pi buku uji kelayakan dan uji KIR. ”Tapi kalau belum ada (Uji Kelayakan dan KIR, red) aturan­nya tetap tidak boleh berope­rasi,” katanya.

Sebelumnya, bus wisata Un­cal pekan lalu diburu warga yang ingin berkeliling Kota Bogor. Bus yang melintasi Jalan Juanda, Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Sudirman masih dalam tahap uji coba dan gra­tis. “Yang naik bus Uncal ini tahu apa saja yang ada di Kota Bogor,” kata Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Baca Juga  Beri Tempat Sampah, Dukung Bogor Raih Piala Adipura

Bus berwarna biru itu hadir menemani masyarakat ber­keliling di kota hujan. Bus yang memiliki arti Unforgettable City Tour At Loveable City (UNCAL) ditargetkan dapat mengurai kemacetan di Kota Bogor. Namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor belum memberikan kepastian menge­nai tarif bagi wisawatan yang ingin menaiki bus yang me­miliki desain bergambar rusa.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, tahap awal bus Uncal akan digratiskan bagi wisatawan. Karena biaya ope­rasionalnya masih ditanggung Bank Jawa Barat (BJB) melalui Corporate Social Responsibi­lity (CSR).

Politisi PAN ini mengatakan tujuan diresmikannya bus Uncal untuk mengurai kema­cetan di Kota Bogor dengan cara mengurangi jumlah ken­daraan wisatawan di Kota Bogor. Ke depan, wisatawan cukup parkir di Terminal Ba­ranangsiang atau di Botani Square dan menaiki bus Un­cal. Jadi kendaraan pribadi yang melintas bakal berkurang.

Baca Juga  Duh... Paket Rp30 M Gagal Terserap

(tib/mam/a/els/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *