155 Guru Gugus IV Cibuluh 1 Ikuti Workshop PKG

by -

 METROPOLITAN – Pengawas Pem­bina Gugus IV Induk SDN Cibuluh 1, Kecamatan Bogor Utara H Aman ber­harap para guru kelas yang tergabung dalam Gugus IV, mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sebab, RPP merupakan pe­gangan bagi guru dalam melaksana­kan pembelajaran baik di kelas, labo­ratorium dan lapangan untuk setiap kompetensi dasar.

Apalagi, RPP tersebut telah dituang­kan dalam silabus. ”Saya sangat ber­harap guru mampu mengimplemen­tasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan dalam silabus ter­sebut,” imbuh H Aman kepada Met­ropolitan, usai penutupan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) di SDN Cibuluh 1, Jalan KS Tubun, Kelurahan Cibuluh, Sabtu (18/2) lalu.

Oleh karena itu, kata H Aman, apa yang tertuang dalam RPP, guru harus pula memuat hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas pembela­jaran. Terutama, dalam upaya penca­paian penguasaan suatu Kompeten­si Dasar (KD). Untuk itu, ia berharap, dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi (SK) yang memayungi KD yang akan disusun dalam RPP-nya. Tapi, H Aman mengingatkan bahwa secara rinci, di dalam RPP harus pula dimuat tujuan dari pembelajaran.

Sementara itu, Ketua Gugus IV Induk SDN Cibuluh 1 Kecamatan Bogor Utara Ni Wayan Suadnyani menjelas­kan, Workshop PKG ini diikuti 155 guru kelas dari 11 SD negeri dan swasta yang tergabung di Gugus IV. Sedangkan kegiatan ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan setiap hari Sabtu, dengan materi tata cara penyusunan RPP hingga melakukan praktik lapangan.

Dia mengharapkan dengan mengik­uti pendidikan dan pelatihan ini guru dapat memahami cara membuat la­poran yang berhubungan dengan hasil diklat yang berkaitan dengan kenaikan pangkat bagi PNS. Sehing­ga pada pelaksanaan pembuatan laporan hasil dari diklat PKB terlaks­ana dengan baik dan sesuai dengan prosedur. Sehingga dalam proses kenaikan pangkat dapat berjalan dengan lancar. ”Saya berharap seha­bis mengikuti Workshop PKG ini, guru dapat melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),” pungkasnya. (dod/tur/ar/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *