Astaga..Obat Terlarang Dijual Murah

by -

GUNUNGPUTRI – Penyalahgunaan obat berdosis tinggi marak dikonsumsi bocah Anak Baru Gede (ABG) di wilayah Gunung­putri. Sejumlah kalangan muda, mulai pelajar hingga pengamen, banyak yang mengonsumsinya tanpa resep dokter.

Warga Cileungsi, Rensinta (16) men­gatakan, obat-obatan dosis tinggi itu banyak dijual bebas di apotek. Setiap orang bisa membelinya tanpa resep dokter. ”Pengamen anak-anak punk itu lagi keranjingan obat. Katanya untuk obat penenang,” kata Ren.

Ia menuturkan, efek obat-obatan itu hampir sama dengan mengonsumsi nar­koba. Satu tabletnya dijual seharga Rp25 ribu. “Biasanya diminum sambil ngumpul-ngumpul,” kata dia.

Salah seorang warga, Ahmad Iswandi (52), mengaku resah dengan fenomena tersebut yang belakangan terjadi. Men­urut dia, seharusnya apotek tak semba­rangan menjual obat-obatan.

Baca Juga  Naik Truk, ABG Tewas Ditabrak

”Banyaknya penyalahgunaan obat-obatan tersebut membuat orang tua resah, khawatir jadi kecanduan. Kami harap aparat kepolisian memberantasnya” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Gunungputri Ipda Imam Djunaedi men­gatakan, obat tersebut barang legal dan penggunaannya tak dapat di pidana. Lain hal jika pedagangnya tak berizin bisa dikenakan undang-undang kese­hatan.

”Kita tidak dapat menindak pemakai obat tersebut karena barang legal. Obat tersebut termasuk obat keras, jadi hanya boleh dijual di apotek atau toko obat tertentu yang berizin. Pembeliannya pun harus dengan resep dokter,” katanya.

”Adapun jika tokonya tidak berizin, itu baru bisa diproses sesuai hukum karena melanggar undang-undang kesehatan,” pungkasnya.

(yok/run)

 

Baca Juga  Duh, Situ Kemuning Jadi Tempat Selingkuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.