Bima Galakkan Bank Sampah Tiap Wilayah

by -

METROPOLITAN – Persoalan kebersihan dan sampah merupakan bagian dari program prio­ritas Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Untuk menggapai harapan tersebut, berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya dengan mendorong masing-masing pengurus wilayah untuk men­golahnya.

”Syaratnya cuma satu, bagaimana mengelola sampah itu betul dilakukan bukan cuma oleh dinas, camat dan orang-orang yang mengelola sampah. Kita juga mempunyai tanggung jawab yang sama di lingkungan masing-masing,” ung­kap Walikota Bogor Bima Arya.

Untuk itu, pihaknya mendorong masing-masing wilayah membuka bank sampah dengan mem­berdayakan warga sekitar. ”Di banyak kota di Indonesia sampai hari ini (kemarin, red) sudah memiliki bank sampah yang bisa mengurangi timbunan sampah dan menambah penghasilan warga. Ribuan warga di kota-kota itu hidup dari pengelolaan bank sampah,” terangnya.

Baca Juga  Pemerintah Pusat Wacana Terapkan PPKM Darurat, Bima Arya: Itu Usulan dari Kami

Apalagi, sambung dia, setiap harinya jumlah sampah di Kota Bogor mencapai 400-600 ton dengan 30-40 persen sampah plastik. Sedangkan timbunan sampah kebanyakan berada di daerah pinggiran dengan lokasi terbanyak di Bogor Ba­rat, Tanahsareal dan Bogor Utara. Artinya, semakin luas wilayahnya, semakin minim infrastrukturnya, semakin kecil perhati­annya, maka akan semakin besar persoalan sampahnya. ”Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan banyak hal yang bertujuan bisa mengurai permasalahan sampah,” ujarnya.

(*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *