Dace Dikecam Penggiat Pariwisata

by -

CISARUA – Ucapan Kepala Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bogor Dace Supriadi, yang mengatakan penjaga vila adalah kica-kica (kunang–kunang, red) menuai kontroversi. Saat Musrenbang Kecamatan Cisarua, dia mengatakan Pasukan Kedip Baterai Villa identik dengan ‘jablay’.

”Kami tidak terima dengan ucapan Dace yang mengatakan kami dikaitkan dengan jablay. Kami bukan germo,” tutur salah seo­rang penjaga vila kawasan Puncak Herma­wan (51). Kekesa­lan pun dikatakan Mahfud (39) penjaga vila di kawa­san Tugu Selatan. Dia mengaku ungkapan tersebut merendahkan pekerjaan para penjaga vila. ”Kami ini cari uang sampai subuh un tuk kasih makan anak dan istri kami. Jangan merendahkan pe­kerjaan orang lain seperti itu,” kesal­nya.

Baca Juga  Nah, Warga Bangun Posko Keluhan RSUD Ciawi

Hal senada di­katakan Ketua Kompepar Kabu­paten Bogor Teguh Mulyana. Pria yang akrab disapa Bowie itu kesal dengan statement Dace saat musrenbang. ”Iya, hari ini (kemarin, red) ada 309 penjaga vila yang mengeluh ke saya. Saat mendengar rekaman dari ucapan Dace, sangat tidak etis,” katanya lagi.

Menurutnya kawasan wisata Puncak sudah aman dan nyaman serta kondusif. Jangan dikotori dengan ucapan yang memicu ma­syarakat yang memanfaatkan pariwisata jadi ngedrop. ”Urusan pariwisata dari sajadah sampai haramjadah pasti terjadi. Tapi harus dibicarakan dan dibahas kalangan pariwi­sata dan pemerintah, jangan diungkapkan di tempat umum atau acara umum seperti itu,” tukasnya.

(ash/b/suf/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *