Dengan Anggaran Rp26 M, Disdik Perbaiki 30 Sd

by -

METROPOLITAN – Pada Tahun Ang­garan (TA) 2017, Dinas Pendidikan (Dis­dik) Kota Bogor akan mengeluarkan anggarannya sekitar Rp26 miliar untuk memperbaiki 30 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di enam kecamatan di Kota Bogor. Bahkan, ada juga penambahan Ruang Kelas Baru (RKB). ”Tidak semuanya sekolah yang rusak itu direvitalisasi, tapi ada juga sekolah yang direhabili­tasi dan penambahan RKB. Yang pasti, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisinya,” ujar Pelaksana tugas Disidk, H Fahrudin didampingi Kepala Seksi (Kasi) Sarana Pra-Sarana (Sarpras) SD Irfah kepada Metropolitan, Selasa kemarin.

Menurut H Fahrudin yang juga Sekre­taris Disdik, dari 30 SD tersebut, 15 SD di antaranya akan direvitalisasi, empat SD direstorasi, lima SD direhabilitasi dan enam SD RKB. Bangunan SD yang direstorasi merupakan bangunan seko­lah cagar budaya seperti SD Pengadilan. Ia juga mengakui, sekitar 40 persen SD di Kota Bogor masih memanfaatkan satu ruang kelas untuk dipakai dua rom­bongan belajar (rombel). Sedangkan 60 persen-nya sudah menggunakan satu kelas untuk satu rombel. Tambah H Fahmi panggilan akrab H Fahrudin, langkah revitalisasi dilaksanakan untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Baca Juga  Setiap Hari Selalu Dijejali Muda-mudi

Revitalisasi, tambah Fahmi, pada inti­nya dilakukan untuk memenuhi kebu­tuhan ruang kelas dengan jumlah rom­bongan belajar. Karena jumlah kelas dan rombongan belajar seharusnya satu berbanding satu. Apalagi berda­sarkan Kurikulum 2013, pelajar SD ha­rus belajar sejak pagi semua. Jadi, untuk saat ini pelaksanaan revitalisasi baru masuk tahap lelang. Diperkirakan Mei atau Juni Surat Perintah Kerja (SPK) su­dah turun. Bangunan akan dibuat men­jadi dua lantai untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM). ”Mudah-mudahan tidak ada kendala, baik dalam proses lelang mapun pengerjaannya. Sehingga selesai tepat waktu dan dapat dipergunakan sekolah dengan baik,” imbuh H Fahmi. (tur/ar/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *