Guru SDN Bondongan Workshop KURTILAS

by -

METROPOLITAN – Sejumlah guru SDN Bondongan, di Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, dinilai belum semuanya terampil dalam melakukan perubahan seluruh pembelajaran dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 (Kurtilas).

”Saya mengakui, tidak semuanya guru yang ada di SDN Bondongan ini paham dalam melakukan pembelaja­ran Kurtilas. Makanya, untuk mema­haminya kami melakukan pelatihan terhadap guru-guru di sekolah ini,” papar Kepala SDN Bondongan H Sub­adri, kepada Metropolitan, usai pem­bukaan Workshop Kurtilas, di SDN Bondongan, Sabtu.

Menurut H Subadri, kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan pe­mahaman guru dalam pengembangan dan mengimplementasikan Kurtilas. Sehingga, mutu pendidik dan pe­serta didik khususnya di SDN Bondongan semakin berkualitas.

Baca Juga  DP3AP2KB Gencar Sosialisasi Pelindungan Anak

Selain itu, lanjutnya, dapat mengubah pola pikir (mindset, red) guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran serta mengevaluasi ha­sil pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelaja­ran pada Kurtilas dengan baik serta benar.

Tidak itu saja, supaya para peserta mampu memahami materi IHT beru­pa rasional Kurtilas, elemen perubahan kurikulum, standar Kompetensi Lulu­san (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta strategi implementasi Kurtilas. Maksudnya, kata H Subadri, supaya dalam peny­usunan Rencana Pelaksanaan Pem­belajaran (RPP) dan bahan ajar yang diperlukan berhasil sesuai dengan filosofi, konsep, kaidah, prinsip, mak­na dan prosedur yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum, berda­sarkan SKL, KL dan KD.

Sehingga, budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi pem­belajaran inovatif serta pendekatan dan strategi penilaian yang autentik di sekolah ini dapat terlaksana dengan baik. Bahkan, kualitas dan kuantitas sekolah serta prestasi siswa semakin meningkat.

Baca Juga  Sejak Ganjil Genap Diterapkan, Tren Kasus Covid-19 di Kota Bogor Turun

(dod/tur/ar/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.