Kecamatan Tajurhalang Gelar Seleksi Tujuh Balon KADES

by -

TAJURHALANG – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Tajurhalang, Kecamatan Tajurhalang, menggelar uji tertulis kepada peserta bakal calon ke­pala desa (balon kades) yang akan mengikuti Pilkades Serentak pada 12 Maret 2017. Uji tertulis dilaksanakan di aula kantor kecamatan dengan diha­diri panitia dan camat Tajurhalang, Rabu (15/2).

Camat Tajurhalang Nurhayati men­gatakan, sebelum mengikuti uji tertulis, panitia melakukan tahap verifikasi data balon. Dari jumlah sebelumnya sepuluh orang, hanya lolos tujuh orang dan tiga di antaranya terhempas. Soal ujian dibuat muspika dan muspida. Pembuat soal ujian ada tim khusus yang dibentuk UPT Pendidikan, UPT Kese­hatan, koramil, polsek dan kecamatan.

Nurhayati menambahkan, tim inilah yang bertanggung jawab dalam pem­buatan soal seleksi tertulis bagi balon kades. Semua sudah sesuai Peraturan Mendagri serta Peraturan Daerah No­mor 4 Tahun 2016 tentang Pilkades Serentak. “Tahapan demi tahapan dila­kukan, karena nanti balon kades tidak boleh lebih dari lima calon untuk satu desa. Bila calon lebih dari lima calon, maka harus dilakukan seleksi adminis­tratif dan tes tertulis,” terangnya.

Baca Juga  Saluran Irigasi Disulap Jadi Tambak Ikan

Sementara itu, Ketua Panitia Marta Pryatna mengatakan, untuk mengeru­cutkan jumlah bakal calon, pihaknya sudah melakukan tes administrasi. “Se­lain tes tertulis yang digelar Selasa lalu, panitia juga sudah melakukan tes ad­ministrasi. Dari sepuluh balon, tiga di antaranya gugur secara administrasi,” katanya.

(bo/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *