Polisi Didesak Usut Dugaan Pungli Bocimi

by -

CIGOMBONG – Mencuatnya dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum Pemerintah Desa (Pemdes) Watesjaya, Ke­camatan Cigombong, Kabupaten Bogor hingga melibatkan kepolisian setempat terhadap masyarakat penerima ganti untung pembebasan lahan Tol Bocimi (Bogor, Ci­awi, Sukabumi, red), disikapi serius mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Mantan Komisioner Kompolnas yang saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indo­nesia (Lemkapi) Edi Saputra Hasibuan men­gatakan, kasus ini dirasa sangat penting untuk disikapi jajaran Polres Bogor dan tim Saber Pungli. Terlebih, dugaan pungli ini terjadi saat dilakukannya pembayaran pem­bebasan lahan yang akan digunakan pembangunan tol. “Jadi tidak ada alasan bagi kepolisian dan tim Saber Pungli untuk tidak melakukan penyelidikan. Ini infor­masi bagus dari masyarakat dan harus ditindaklanjuti,” tegasnya.

Baca Juga  Polresta Bogor Kota Kirim Anggota untuk Pengamanan Pilkada Cianjur dan Sukabumi

Menurutnya, jika informasi dugaan pungli dari masyarakat penerima ganti untung pembayaran lahan ini belum juga ada tinda­kan, berarti lembaga penegak hukum telah melakukan pembiaran. “Harusnya sudah ada tindakan penyelidikan, terutama dari jajaran Polres Bogor dan tim Saber Pungli,” ujar alumni komunikasi di Institut Ilmu So­sial dan Ilmu Politik (IISIP) itu.

Edi berharap Mabes Polri turun tangan dan menerjunkan timnya untuk mengung­kap kasus sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli. “Kita harap Polri sudah ada di lapangan dan melakukan penyelidikan. Kalau dite­mukan fakta hukum, ya tertibkan sesuai aturan,” paparnya.

Sementara itu, Pakar Hukum Ahli Tata Negara Margarito mengapresiasi langkah Mabes Polri yang akan melakukan penyeli­dikan dan tindakan penangkapan terhadap oknum-oknum pungli tersebut.

Baca Juga  Wakil Rakyat Garap Perda Lingkungan Hidup untuk 30 Tahun ke Depan

(suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.