Puluhan PNS Kena Razia Satpol PP

by -

METROPOLITAN – Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) kena razia dalam operasi Gerakan Disiplin Daerah (GDD) di wilayah Kecamatan Sukaraja. Kemarin, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kabupaten Bogor mendata sejumlah pegawai plat merah yang tidak mengindah­kan Peraturan Bupati Nomor 304/578-Satpol PP/2017 tentang melaksanakan penyelengga­raan disiplin daerah.

Komandan Yunit Petugas Tindak Internal (PTI) Satpol PP Kabu­paten Bogor Suprayudi mengatakan, dalam giat yang dilaksanakan masih banyak ditemukan pelanggaran. Di antaranya, keterlambatan saat masuk jam kerja, tak menggunakan identitas atau name tag, tak menggunakan atribut yang lengkap serta tak adanya K3.
“Usai menggelar operasi GDD itu, kita mendapatkan puluhan PNS yang tidak sesuai aturan yang berlaku. Bahkan ada yang bekerja pakai sandal,” kata Suprayudi.
Dengan dasar itu, sambung Suprayudi, hasil giat yang dilakukan di Kecamatan Sukaraja, Desa Cimandala dan UPT Dispenda Wilayah Cibinong akan diserahkan kepada Bupati Bogor Nurhayanti untuk ditindaklanjuti. “Usai kita lakukan pendataan, akan kita laporkan hasilnya ke bupati,” ucapnya.
Suprayudi juga mengimbau, sebagai pelayan masyarakat sudah sepatutnya aparatur wilayah memberikan contoh yang baik untuk masyarakat, seperti mematuhi aturan yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. “Kami berharap mereka jera dan tak mengulanginya,” ujarnya.
Sementara itu, Kasi Binmas dan PSDA Satpol PP Kabupaten Bogor M Dadan R mengatakan, untuk sementara bagi semua pelanggar yang terkena GDD masih dapat dimaklumi. Sebab, petugas yang melanggar kebanyakan berasal dari pegawai pemerintah desa (pemdes).
“Kita maklumi, karena mereka pegawai desa. Dan kita hanya memberikan teguran dan tidak bisa menindak. Tapi yang bisa memberikan tindakan tegas itu adalah pimpinannya masing-masing,” kata Dadan.
Dirinya hanya memastikan, giat GDD ini sudah sesuai dengan surat keputusan Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Nomor 301/11/1/KPTS/2017-Pembinaan tentang pembentukan tim penyelenggaraan disiplin daerah. “Ke depan kita akan gencarkan kembali ke beberapa lokasi pelayanan publik di Kabupaten Bogor. Mudah-mudahan dengan adanya penindakan ini, mereka ada perbaikan kedisiplinan dan bisa menyesuaikan peraturan di Bumi Tegar Beriman,” ungkapnya.

Baca Juga  Kodim 0621 Gelar Giat Bela Negara

(rez/b/bgr/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.