Ratnawati Calon Ke-10 Perseorangan Di Pilbup Bogor

by -

Meski Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor masih cukup lama, minat mencalonkan diri untuk berebut kursi nomor satu di Bumi Tegar Beriman tergolong tinggi. Setelah sembilan orang mendaftar calon perseorangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor kembali kedatangan satu bakal calon, kemarin. Adalah Ratnawati dari Desa Sukawening, Kecamatan Dramaga yang berniat ikut bertarung dalam kontestasi politik 2018.

“Kami datang ke KPUD untuk konsultasi mengenai mekanisme pencalonan lewat jalur perseorangan,” ujar juru bicara Ratnawati, Naim, saat ditemui di Kantor KPU Bogor, siang kemarin.

Menurut Naim, niat Ratnawati mencalonkan diri bukan sebatas meramaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Perempuan yang aktif sebagai pengusaha dan kegiatan sosial ini diakuinya memiliki semangat yang kuat untuk ikut membangun Kabupaten Bogor. “Sebagai langkah awal kami akan melakukan pendekatan secara masif kepada masyarakat untuk memperkenalkan calon kami yang kami anggap sudah luar biasa,” yakinnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor Hayanto Surbakti menyambut baik pencalonan Ratnawati melalui jalur perseorangan. Menurutnya, saat ini sudah ada sekitar sepuluh calon yang mendaftar lewat jalur tersebut. “Semakin banyak calon, akan semakin banyak pilihan untuk masyarakat dan ini sangat bagus. Semuanya berlomba-lomba untuk membangun Kabupaten Bogor lebih baik, tinggal nanti masyarakat yang menentukan,” kata Haryanto.

Baca Juga  Hanura Masih Ingin Sistem Pemilu Terbuka

Selain persyaratan administratif, calon perseorangan harus memenuhi syarat minimal dukungan untuk bisa lolos verifikasi sebagai bakal calon resmi. Di Kabupaten Bogor sendiri, syarat minimal dukungan diperkirakan sebanyak 215.731 dan harus tersebar di seluruh kecamatan. “Aturannya kan harus memenuhi minimal dukungan 6,5 persen dari jumlah pemilih. Kalau ini bisa dipenuhi maka calon perseorangan bisa melanggeng sebagai bakal calon resmi bersama bakal calon dari partai,” terangnya.

(fin/c/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *