Saatnya Olah Raga Bersepeda Indonesia Berjaya

by -

METROPOLITAN – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung  menilai cabang olahraga sepeda, Indonesia memiliki potensi yang sangat cukup kuat, misalnya pada Cabang BMX, tanjakan, downhill. Ia menyebutkan, sejumlah atlet sepeda potensial Indonesia, seperti Rio Akbar, Elga Kharisma, maupun Aiman Cahyadi.

“Indonesia sebenarnya punya potensi ya terutama di (cabang) BMX yang cukup kuat, kita punya misalnya Rio Akbar,” ujar Pramono ketika menerima Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia-Indonesian Cycling Federation (PB ISSI-ICF) yang dipimpin Raja Sapta Oktohari,  di Ruang Rapat Sekretaris Kabinet Lantai 2 Gedung 3 Kemensetneg, Jakarta.

Para Pengurus PB ISSI yang diterima Seskab Pramono Anung adalah Presiden PB ISSI-ICF Raja Sapta Oktohari, Sekjen PB-ICF Jadi Rajagukguk, Wakil Ketua Umum PB ISSI ICF M. Beni Subagia, Kabid Antar Lembaga PB ISSI-ICF Solon Sihombing, Kabid Organisasi PB ISSI-ICF Dedi Kurniawan, Wakil Ketua Umum PB ISSI-ICF Engkos Sandrah, Kabid Perlombaan PB ISSI-ICF Parama Nugroho, Kabid Perwasitan PB ISSI-ICF Sandi Sampurno, Sekretaris PB ISSI-ICF Indah Permaisari dan Herland, Manajer Tim Nasional Budi Saputra.

Menurutnya, Jika atlet-atlet sepeda Indonesia itu dibina dengan baik, Seskab meyakini,  prestasi akan bisa dicapai, baik di event nasional maupun internasional. Namun, saat ini Seskab melihat, cabang olahraga sepeda masih sangat bergantung. Contohnya pada disiplin BMX perempuan yang masih sangat mengandalkan Elga Kharisma.

“Juga untuk tanjakan, dulu raja tanjakan kita kan banyak, terutama dari Jawa Barat dan Sumatera Barat. Pembalap-pembalap tradisional Jawa Barat itu kan banyak,” papar Pramono seraya mengatakan, sekarang ini tampaknya sudah mulai tidak terbina dengan baik.

Menurut Seskab Pramono Anung, mungkin diperlukan pembinaan yang lebih spesifik. Beberapa orang yang kita persiapkan misalnya menjadi Alberto Contador-nya dunia. “Jadi Alejandro Valrvede, Chris Froome lah, gitu, atau yang sprinter kaya Peter Sagan, yang jarak-jarak pendek. Indonesia sebenarnya punya peluang untuk itu,” ujarnya.

Seskab berjanji akan memberikan dukungan yang diperlukan dalam pembinaan atlet balap sepeda. Ia melihat karena dalam kepengurusan sebelumnya, cabang sepeda mengalami begitu banyak persoalan. Namun sekarang, Seskab berharap atlet-atlet tradisional bisa lebih dikembangkan.

Sumber : krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *