SDN Batu Tulis 3 Miliki Program Lingkungan

by -

METROPOLITAN – SDN Batu Tulis 3 Kota Bogor, berkomitmen untuk mengembangkan program-program lingkungan ke dalam aktivitas sekolah. Karena, tampilan fisik sekolah yang ber­lokasi di Jalan Batu Tulis, Kecamatan Bo­gor Selatan, mulai ditata ekologis. Se­hingga, nantinya menjadi wahana pem­belajaran bagi seluruh warga sekolah untuk bersikap arif dan berperilaku ramah lingkungan.

”Jadi di sekolah ini, proses pembelajaran kami mengarah pada upaya pembentu­kan perilaku siswa yang peduli lingkungan melalui model pembelajaran yang apli­katif dan menyentuh kehidupan sehari-hari,” ujar Kepala SDN Batu Tulis 3 Erni Rodiah, kepada Metropolitan, di sekolah­nya, kemarin.

Makanya, lanjut Erni, para siswa ’diha­ruskan’ menata kelasnya masing-masing dengan menanam sejumlah tanaman di dalam pot. Sehingga, ruang kelas terlihat indah. Tidak itu saja, warga sekolah juga memanfaatkan halaman sekolah untuk ditata menjadi sebuah taman. ”Alhamdu­lillah, sejak program lingkungan diterap­kan, kesadaran dan pembiasaan warga sekolah untuk menjaga dan merawat lingkungan sekolah mulai terbentuk,” paparnya.

Baca Juga  Tontowi Gagal Ke Vietnam

Menurutnya, dengan diajarinya para siswa terhadap pentingnya sekolah bersih dan hijau, nantinya akan menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Apalagi, melalui model pembelajaran yang aplikatif dan menyentuh kehidupan sehari-hari. ”Pro­gram itu kita masukkan dalam bidang ekstrakurikuler. Sebab, lingkungan seko­lah adalah lingkungan kehidupan sehari-hari siswa. Jika lingkungan sekolah dapat ditata dan dikelola dengan baik, maka akan menjadi wahana efektif pembentu­kan perilaku peduli lingkungan,” harap Erni.

(dod/tur/ar/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *