Siapkan Pembinaan dan Permodalan bagi Pembudidaya Ikan Hias

by -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkomitmen menjadikan wilayah Kecamatan Ciseeng sebagai basis produksi ikan hias dan air tawar. Beberapa infrastruktur yang dibutuhkan akan disiapkan sebagai percepatan agar varitas ini bisa memenuhi kebutuhan pasar.

”Kepada pak camat wayahna (saatnya) menginventarisasi pebudidaya ikan hias dan ikan air tawar. Mana yang me­merlukan modal, mana yang perlu dit­ingkatkan produksinya dan mana yang perlu mendapatkan pembinaan agar semua tercatat baik. Ciseeng merupa­kan daerah minapolitan,” kata Bupati Bogor Nurhayanti saat kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Ciseeng, baru-baru ini.

Dalam evaluasi program pembangu­nan tersebut, Yanti menginginkan ada­nya percepatan dalam mewujudkan salah satu penciri dari kabupaten ter­maju di Indonesia. Salah satunya men­jadikan Ciseeng sebagai daerah pen­ghasil benih ikan hias dan air tawar tertinggi. Apalagi, wilayah ini memi­liki memiliki potensi cukup besar untuk sektor ini.

Baca Juga  Diskominfo Wajibkan Upacara Kedisiplinan Asn

“Pemkab Bogor akan serius memberi­kan penyuluhan kepada pebudidaya ikan agar benih yang akan dikembangkan berhasil baik. Di samping itu, pemkab memikirkan agar ada stimulan untuk subsidi harga pakan dan lahan peng­embangan bibit ikan hias dan ikan air tawar,” ujarnya.

Ia juga mengecek beberapa program yang diberikan pemkab atau tidak. Ter­lebih, Kecamatan Ciseeng mendapat alokasi dana dari APBD sebesar Rp50 miliar yang akan digunakan bagi bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan bidang-bidang lainnya.

(hb/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.