20 Tahun Terendam Air

by -

GUNUNGPUTRI – Sudah 20 tahun warga Kampung Tlajungudik, RT 02/06, Desa Tlajungudik, Kecamatan Gunung­putri, selalu dilanda banjir. Mirisnya, walaupun sudah lama menjadi lang­ganan banjir, tak pernah ada upaya dari pemerintah setempat untuk me­nanggulangi banjir tersebut.

Seorang warga, Dede Mulyana (38) mengatakan, kampungnya sudah men­jadi langganan banjir setiap kali musim hujan. Hal ini terjadi karena ada penyem­pitan Sungai Ciranggon, sehingga tak mampu menampung debit air yang mengalir. “Selain dari luapan sungai, air pun berasal dari rawa yang berdekatan dengan pemukiman warga,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, hingga kini tak ada tindakan dari pemerintah desa mau­pun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk mengantisipasi banjir. “Dari dulu belum pernah ada upaya penanggulangan sama sekali dari pe­merintah,” jelasnya.

Senada, Anggi (27) mengungkapkan, penyempitan Sungai Ciranggon dise­babkan banyaknya perusahaan yang berdiri di bantaran sungai. “Karena sungainya sudah semakin sempit, jadi tidak bisa menampung debit air yang mengalir dan akhirnya meluap ke per­kampungan,” ungkapnya.

Baca Juga  Pemkab Bogor Ingin Ikut Andil di Akademi RANS Nusantara FC

Menurutnya, banjir yang terjadi di kam­pung tersebut sampai pinggang orang dewasa. Ia pun berharap Pemkab Bogor segera menanggulangi banjir agar ma­syarakat tak perlu khawatir jika musim hujan datang. “Kami sangat berharap ada upaya penanggulangan banjir dari pe­merintah,” tandasnya.

(yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *